Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Polri Belajar, Polres Blora Gelar Pelatihan Penanganan Tindak Pidana Pemilu

Lingkaralam.com,Blora-Sebagai persiapan menciptakan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif. Polres Blora Polda Jawa Tengah menggelar pelatihan penanganan tindak pidana Pemilu, Senin, (06/03/2024) di Aula Arya Guna Polres Blora.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH, Wakapolres Blora Kompol Christian Chrisye Lolowang,SH,SIK,MH, Kabag SDM Kompol Slamet Riyanto,SH,MH serta

Kasat Reskrim AKP Supriyono,SH,MH, Para Kanit Reskrim Polres dan Polsek Jajaran serta Kanit Samapta Polsek Jajaran. Turut hadir ketua Bawaslu Blora Lulus Mariyonan beserta anggota.Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan tersebut adalah sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

Dalam sambutannya Kapolres Blora menyampaikan bahwa Pemilu 2024 kali ini berbeda untuk itulah diperlukan langkah langkah dan penanganan yang berbeda dimana dibutuhkan kesamaan visi dan persepsi antar lintas sektoral dan stake holder pelaksana Pemilu.

“Pemilu Tahun ini berbeda karena akan dilaksanakan serentak. Sekarang tantangannya besar karena sekarang eranya adalah era digital. Jika kita masih dengan pola pola yang lama maka kita akan ketinggalan. Untuk itulah kita harus satukan visi dan persepsi,” ucap Kapolres Blora.

Lebih lanjut Kapolres membeberkan bahwa dalam UU Pemilu tidak semua hal dianggap tindak pidana. “Maka dari itu perlu kita ketahui dan kita samakan persepsi dengan Bawaslu. Basicnya tadi bahwa kejahatan akan selalu berkembang maka dari itu kita harus selalu dinamis, harus selalu menambah ilmu ilmu baru yang ada,” tambahnya

Penekanan Kapolres bahwa salah satu kunci yang harus dipegang adalah persamaan visi dan persepsi yaitu melalui gakkumdu.”Kuncinya adalah penyamaan visi dan persepsi. Namanya adalah Gakkumdu yaitu penegakkan hukum terpadu.

Tolong diatur tempatnya dimana, dan personil personil yang mengawaki, serta aturan aturan apa yang harus dipahami oleh anggota hingga level level kecamatan,” tambah Kapolres.

Dalam kegiatan ini Kapolres berpesan agar anggota memanfaatkan momen ini untuk mengetahui tentang peraturan Pemilu dari Bawaslu.

“Tolong Bawaslu sampaikan kepada anggota segala peraturan tentang Pemilu, sehingga visi dan persepsinya bisa sama. Untuk anggota, silahkan Manfaatkan momen ini untuk mempelajari segala sesuatunya tentang Pemilu untuk itulah kali ini digelar Polri Belajar. Kita harus satu irama dan satu suara menuju Pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk,” pungkas Kapolres Blora.[]

SHOFIATUN 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!