Rabu, April 17, 2024
spot_img

Peringati Hari Juang TNI Angkatan Darat tahun 2023, Kodim Bojonegoro Tanam Ribuan Pohon Penghijauan

Lingkaralam.com, Bojonegoro – Bersama masyarakat dari berbagai elemen, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan dan penanaman 1.100 pohon penghijauan di kanan kiri jalan poros Desa Sumberjokidul Kecamatan Sukosewu, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan yang mengusung tema ‘TNI Angkatan Darat Maju Bersama Rakyat’ ini juga dilaksanakan secara tersebar diseluruh Satuan Komando Kewilyahan (Satkowil) jajaran TNI Angkatan Darat, dan secara terpusat karya bakti ini dilakukan secara video conference (vidcon) di Kodim 1410/Bantaeng, Sulawesi Selatan, bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc.

Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Kav Sony Ranu Utama, mengungkapkan bahwa kegiatan yang melibatkan TNI-Polri, Satpol PP, Pemdes, Linmas, pelajar dan masyarakat Desa Sumberjokidul ini dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke- 78, dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 75 Kodam V Brawijaya tahun 2023.

Disampaikan juga, bahwa jenis bibit pohon penghijauan yang ditanam pada kegiatan karya bakti tersebut yaitu bibit pohon sengon sebanyak 600 batang, jati sebanyak 300 batang, johar sebanyak 100 batang dan bibit pohon alpukat sebanyak 100 batang.

Sementara dalam pelaksanaanya, kegiatan karya bakti bersama ini membersihkan fasilitas umum dengan menyasar pembersihan sampah, saluran air (selokan) dan perempelan ranting pohon. “Adapun tujuan kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih, meningkatkan kualitas udara, serta mencegah berkembang biaknya nyamuk dengan memfungsikan kembali saluran air yang tersumbat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Kasdim 0813 Bojonegoro mengatakan, melalui kegiatan karya bakti tersebut, juga sebagai upaya untuk membangun dan meningkatkan sinergitas agar lebih solid, yang sekaligus menanamkan semangat kebersamaan antara TNI, Polri dan elemen masyarakat. “Sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat yang kokoh dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bojonegoro yang bersih, sejuk dan nyaman,” kata Mayor Kav Sony Ranu Utama.

Kepala Desa Sumberjokidul, Jujuk Arif Basuki, menyampaikan, atas nama Pemerintah Desa Sumberjokidul dan masyarakat mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada pihak TNI Kodim 0813 Bojonegoro yang telah mengadakan program penanaman pohon penghijauan dan karya bakti pembersihan lingkungan.

“Kami berterima kasih atas program penghijauan yang dilaksanakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro, semoga pohon-pohon yang sudah kita tanam bersama ini menjadikan lingkungan sekitar lebih sehat dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga Sumberjokidul,” pungkasnya.

Oleh: Humas Kodim 0813 Bojonegoro

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!