Jumat, April 19, 2024
spot_img

Meriahkan HUT TNI ke- 78, Kodim Bojonegoro gelar Lomba Seni Suara Alam Burung Perkutut

BOJONEGORO, – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2023, Kodim 0813 Bojonegoro bekerjasama dengan Pengda Persatuan Pelestarian Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Kabupaten Bojonegoro menggelar Lomba Seni Suara Alam Burung Perkutut bertajuk “Dandim Bojonegoro Cup” tahun 2023 di Taman Rajekwesi Bojonegoro, Minggu (01/10/2023).

Acara yang didukung oleh KCC BF, Rajekwesi BF, Bima BF, Lambreta BF, Bolo Dewo 99 BF, Mundakir BF, Altaduriga BF dan LO BF ini dibuka langsung oleh Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Ketua Panitia acara, Mundakir, menjelaskan bahwa kegiatan yang bertajuk ‘Dandim 0813 Bojonegoro Cup’ tersebut dilaksanakan untuk kedua kalinya. Tidak hanya peserta dari Bojonegoro, perlombaan seni suara alam perkutut ini juga diikuti berbagai kalangan termasuk komunitas pecinta burung perkutut luar kota Bojonegoro diantaranya dari Mojokerto, Jombang, Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Madiun, Ngawi, Sragen, Purwodadi, Grobogan dan Blora.

Sementara untuk kelas yang diperlombakan yaitu pertama kelas dewasa bebas, yakni burung yang sudah dewasa yang dipakai lomba dimana-mana. Yang kedua adalah kelas piyik junior, yaitu piyik setengah gantangan adalah bibit-bibit burung perkutut yang akan masuk kelas senior berikutnya, dan yang ketiga adalah kelas piyik hanging yaitu perkutut berusia 2 bulan sampai 5 bulan.

“Harapan kami dengan adanya lomba ini kita bisa ikut melestarikan perkutut yang sejak dulu sudah menjadi kelangenan bagi bangsa Indonesia khususnya masyarakat Jawa sehingga tidak mengalami kepunahan. Bahkan, kami-kami yang di Bojonegoro ini juga beternak perkutut,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro beserta jajaranya yang telah mendukung, mensupport dan bersinergi menyelenggarakan perlombaan dalam rangka HUT ke- 78 TNI tahun ini sehingga kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta meriah.

“Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Dandim 0813 Bojonegoro beserta jajaranya yang sudah mensupport acara ini. Dan kami seluruh panitia mengucapkan Dirgahayu TNI ke- 78, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju,” pungkasnya

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., berharap kegiatan perlombaan seni suara alam burung perkutut tersebut nantinya tidak hanya dilaksanakan pada saat HUT TNI saja, akan tetapi dilakukan juga jika pas ada kegiatan atau event-event yang bersifat nasional, dikarenakan burung perkutut ini memiliki banyak pecinta, pemilik dan tim burung perkutut yang terus berkembang.

“Terima kasih kegiatan lomba ini merupakan wadah untuk berkompetisi, dan menjalin silaturahmi antar sesama pecinta burung perkutut. Selain itu, dilaksanakanya perlombaan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kedekatan antara TNI dan masyarakat sehingga TNI makin dicintai rakyat,” pungkasnya.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!