Kamis, Juli 18, 2024
spot_img

Jelang HUT TNI ke- 78, Kodim Bojonegoro gelar Ziarah dan Tabunr Bunga

BOJONEGORO, – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada 5 Oktober 2023, Kodim 0813 Bojonegoro menggelar Upacara Ziarah Nasional yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan “Kusuma Bangsa” turut Jalan Raya Dander Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Minggu (01/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam kegiatan ini Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0813 Mayor Kav Sony Ranu Utama, serta diikuti anggota TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Kodim 0813 Bojonegoro dengan mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan doa bersama serta ditutup dengan tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Kasdim 0813 Bojonegoro Mayor Kav Sony Ranu Utama, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sudah menjadi tradisi kejuangan yang rutin dilakukan oleh prajurit TNI sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa pahlawan yang telah gugur.

“Harapanya, melalui kegiatan ini dapat kembali menggugah semangat persatuan, cinta tanah air dan jiwa nasionalisme untuk generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober merujuk pada peristiwa sejarah ditetapkannya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) oleh Soekarno yang sebelumnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR), penetapan ini dilakukan pada 5 Oktober 1945. Nama Tentara Nasional Indonesia (TNI) sendiri baru ditetapkan pada 3 Juni 1947.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!