Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Kodim Bojonegoro gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

BOJONEGORO, – Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, pagi ini Minggu (01/10/2023) menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di Markas Kodim setempat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dan diikuti oleh seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro.

Dalam Amanatnya Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM., yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan, Pancasila sebagai landasan negara Indonesia, adalah tonggak utama yang telah membawa kita melalui berbagai cobaan dan perubahan dalam sejarah. Pancasila telah berhasil mengikat keanekaragaman suku, agama, ras, dan golongan yang ada di Indonesia untuk bersama-sama mewujudkan tujuan nasional yang mulia.

“Yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Panglima TNI.

Sejarah panjang bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa Pancasila mampu melewati berbagai upaya pelemahan maupun upaya untuk menggantinya dengan ideologi lain. Pancasila tetap tegak berdiri dan mampu bertahan, bahkan telah menjelma menjadi identitas nasional yang kuat sekaligus menjadi pemersatu bagi bangsa Indonesia yang sangat beragam.

Panglima TNI mengajak, dengan momentum ini kita bersama menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila. “Keteladanan mereka harus senantiasa kita contoh dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga ditengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi, dan politik identitas,” ujar Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM.

Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia, menjaga dan melindungi Pancasila adalah tugas utama kita bersama. Kita semua memiliki tanggungjawab yang besar untuk terus melestarikan, mempertahankan dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tindakan dan sikap kita sehari-hari.

“Tanpa aksi nyata, mustahil Pancasila bisa tetap bertahan di bumi nusantara. Mari kita sambut Hari Kesaktian Pancasila dengan semangat yang penuh kebanggaan dan tekat yang kuat untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila demi terciptanya cita-cita negara Indonesia. Mari kita amalkan Pancasila agar bangsa Indonesia mampu untuk terus melaju menuju Indonesia maju,” tutur Panglima TNI.

Sementara itu, usai pelaksanaan upacara, Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., mengatakan bahwa upacara yang telah dilaksanakan bukan hanya merupakan kegiatan rutinitas ataupun seremonial saja. Hal tersebut adalah bukti bahwa Pancasila merupakan satu-satunya falsafah bangsa Indonesia yang harus dijunjung tinggi serta dipertahankan.

“Sebagai patriot bangsa, kita wajib menjaga, menjunjung tinggi, mempertahankan serta mengamalkan Pancasila ini dalam kehidupan bermasyarakat sampai kapanpun,” pungkasnya.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!