Jumat, April 19, 2024
spot_img

Pengantin Bule Asal Australia Ikuti Bimbingan Perkawinan yang Diadakan Kemenag Tuban

 

Lingkaralam.com, TubanEzedin Akari bin Mouhammed Akari, Bule asal Australia mengikuti Bimbingan Perkawinan yang diadakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban. Acara digelar di KUA Kecamatan Palang, Rabu (29/03/2023).

Ezedin Akari bin Mouhammed Akari merupakan calon pengantin dengan calon pasangan Eni Muji Rahayu binti H. Muslim dari Desa Palang, seorang Penyuluh Kesehatan Puskesmas Sumurgung Palang Tuban.

Ezedin mengaku kagum dan mengapresiasi program dari Kemenag Tuban ini. Menurutnya, di Australia menikah cukup 3 menit selesai.

“Ini pertemuan yang bagus sekali, tidak ada pembimbingan seperti ini di Australia, hal ini pengalaman pertama bagi saya, sangat luar biasa dan bermanfaat,” kata Ezedin.

Tampak Ezedin dan pasangan lain mengikuti materi demi materi dengan serius dan antusias, termasuk materi dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir.

Kepala Kemenag Tuban, Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum mengapresiasi semua pasangan yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. H. Ahmad Munir dalam kesempatan ini menyampaikan materi cara terbaik untuk menghadapi tantangan perkawinan.

“Cara menghadapi tantangan pernikahan agar hubungan lebih baik diantaranya
belajar lebih banyak satu sama lain, saling mengapresiasi pasangan,” katanya.

H. Ahmad Munir berharap nantinya dapat memberikan contoh hal yang baik pada anak, setiap kali ada badai rumah tangga ingat kembali tonggak awal hubungan.

Dia juga menjelaskan bagaimana cara komunikasi dengan pasangan agar tidak cepat jenuh.

“Pertama jangan menuduh, beri kesempatan pasangan berbicara dan dengarkan, jangan melakukan komunikasi secara verbal lakukan pembicaraan yang sederhana, tetap terbuka dan jangan segan untuk memuji pasangan,” katanya.

Sementara itu, Kepala KUA kecamatan Palang Mokhamad Idris menjelaskan, seluruh peserta diberikan buku Pondasi Keluarga Sakinah dan piagam tanda lulus bimwin.

“Kegiatan bimbingan perkawinan angkatan XII ini menghadirkan narasumber selain Kakankemenag Tuban ada beberapa narasumber lain, ada fasilitator Bimbingan Perkawinan Laidia Maryati Pranata Humas Madya Kemenag Tuban, Lailatul Rosidah Penyuluh Agama Islam Fungsional, dari Puskesmas Sumurgung dr. Dian Ambarsari dan dari PLKB Sulikan,” katanya.

Dia berharap agar semua pasangan menjadi pasangan yang sakinah, mawadah, rahmah dan berkah sampai ajal memisahkan.”Sehingga program Pemerintah untuk menekan angka perceraian dan stunting bisa berhasil.

Oleh : Suyati

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!