Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Memasuki tahun Politik, KSAD : Jaga Netralitas saat Pelaksanaan Tugas

Lingkaralam.com/Bojonegoro-Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jum’at (17/2/2023) pagi, menggelar upacara bendera 17-an dilapangan Makodim setempat. Upacara bendera ini diikuti para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendera kali ini adalah Komandan Koramil (Danramil) 0813-20/Malo, Kapten Inf Paryanto. Sedangkan Komandan Upacara (Dan Up) dijabat oleh Pasipers Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Kav Rochim Sriwahyu Utomo, dan petugas upacara dari Posramil 0813-15/Margomulyo.

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irup, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat. Karena sepanjang tahun 2022 yang lalu, berbagai tugas yang diamanatkan oleh negara dapat diselesaikan dengan baik.

Di tahun 2022, berbagai tugas seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan masalah stunting dan ketahanan pangan, serta tugas-tugas perbantuan lainnya telah menjadi bukti nyata pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Pencapaian ini tentu harus dapat kita pertahankan dan ditingkatkan di tahun ini, karena berbagai agenda tugas yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD di tahun 2023 ini,” kata Jenderal Dudung Abdurachman dalam amanatnya.

Meski banyak prestasi yang berhasil ditorehkan TNI Angkatan Darat pada tahun lalu, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki yaitu masih adanya berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI AD. Sehingga, hal ini harus menjadi interopeksi kita bersama agar tidak terulang di masa mendatang.

Disampaikan juga oleh Jenderal TNI Dudung Abdurachman, bahwa dalam rangka mewujudkan bangsa Indonesia yang adil dan makmur, kita akan terus menghadapi berbagai tantangan dan dinamika persoalan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Dinamika permasalahan bangsa tersebut, tentunya akan semakin kompleks dan dinamis. Terlebih, dengan terus berkembangnya teknologi informasi saat ini. Perkembangan teknologi, dapat membuat seseorang terasa menggenggam dunia.

“Oleh karena itu, kepada seluruh prajurit beserta keluarganya agar bijak dalam menggunakan media sosial. Saring informasi yang diterima sebelum sharing kepada teman maupun keluarga,” pesan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Satu hal yang perlu mendapat perhatian dari kita semua adalah ancaman polarisasi sosial. Di tahun 2023 ini kita memasuki tahun politik dan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kita dibayang-bayangi oleh kekhawatiran akan terjadinya polarisasi masyarakat pendukung pasangan capres seperti terjadi pada Pilpres 2019 dan sebelumnya, yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI.

“Saya meminta jajaran TNI AD tetap menjaga netralitas saat menjalankan tugas dalam menghadapi tahun politik 2024, sebagaimana perintah dari Presiden maupun Panglima TNI,” ujarnya.[]

M ZAINUDDIN

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!