Senin, Juni 17, 2024
spot_img

BBM Subsidi Untuk Masyarakat Miskin, Bukan Tambang Galian C Ilegal

Tuban, Lingkaralam.com – Keberadaan tambangan galian C jenis tanah uruk. di Dusun Depes Desa Simo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. tidak mengantongi izin penambangan. Bahkan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi. Sabtu (01/06/2024).

Selain itu, teknis pengambilan bahan tambang yang juga disebut sebagai tanah huruk ini dilakukan dengan mengunakan mesin bego (excavator).Tim LA (lingkaralam.com) mencoba turun lokasi, aktivitas tambang galian C tersebut Indikasi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi dari SPBU Desa Sendangrejo Kecamatan Parengan.

Sedangkan BBM solar subsidi yang digunakan mereka untuk mesin excavator tersebut merupakan jatah orang yang  kurang mampu dan miskin.seharusnya dinas terkait dan aparat penegak hukum (APH)  melakukan penertiban tanpa tebang pilih dengan cara menyisir semua tambang galian C yang selama ini menggunakan BBM solar subsidi.

Oplus_131072

Jauh sebelumnya, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky memberikan instruksi kepada semua pihak yang berkompeten maupun masyarakat di Tuban untuk bersama-sama membasmi aktivitas tambang liar.

Menurut Bupati Termuda tersebut, keberadaan tambang liar menjadi pemicu bencana banjir. Oleh karena itu harus diberantas.

Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban juga pernah melaporkan beberapa tambang pedel liar tersebut ke Pemprov Jatim. Namun hingga kini keberadaan tambang pedel liar nyatanya semakin marak.

Sebelumnya pernah dikonfirmasi lingkaralam.com dalam menyikapi maraknya aktivitas tambang galian C, Polres Tuban melalui Kasatreskrim Polres Tuban AKP Riyanto SH., M.H., mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke Polisi jika ditemukan permasalahan terkait praktik tambang tersebut

“Kalau ada temuan ihwal tambang, silahkan mendatangi Unit tindak pidana tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Tuban,” katanya kepada media Lingkaralam.com, Kamis (09/05/2024).(Tim LA).

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!