Jumat, April 12, 2024
spot_img

Mantan Ketua Fatayat Dilantik Sebagai Kakankemenag Perempuan Pertama di Jawa Timur

Lingkaralam.com, Surabaya, –Setelah lima bulan vakum, akhirnya Kementerian Agama Kabupaten Tuban memiliki pimpinan definitif perempuan, yaitu Umi Kulsum mantan Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tuban.Minggu (03/03/2024).

Dia, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban. Pekan lalu dilantik oleh Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram di aula Al Ikhlas Kanwil Kemenag Jatim.

Husnul Maram mengatakan, sepanjang sejarah baru kali ini di Jawa Timur, Kepala Kantor Kemenag perempuan bukanlah sepanjang sejarah,” tuturnya.

“Menurutnya (Husnul Maram) hal ini memberikan gambaran kepada kita di Jawa Timur dalam jabatan apapun tidak membedakan laki-laki dan perempuan. Artinya di wilayah Jawa Timur, sudah banyak jabatan penting yang dipimpin seorang perempuan. Contoh gubernur kita yang terakhir adalah perempuan. Presiden, perdana menteri, menteri, bupati sudah banyak yang dijabat perempuan,” beberannya.

Pria jebolan Uinsa ini berpesan kepada pejabat yang baru dilantik agar segera menyesuaikan dengan tugas baru. “Bapak/Ibu sekarang adalah sebagai pemimpin maka harus dapat mengayomi semuanya dan menjadi orangtua bagi semua masyarakat,” tuturnya.

Kakanwil juga mengingatkan agar tidak ada blok-blokan atau keberpihakan yang tidak sama “Semua harus dilayani sama dan sebaiknya-baiknya,” tegasnya. Ia juga mengingatkan agar para pejabat yang dilantik melaksanakan sumpah dan tidak mementingkan urusan pribadi.

Selain Umi Kulsum, ada dua pejabat yang dilantik yakni Fandi, sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Situbondo dan Aries Papudi sebagai Pembimbing Masyarakat Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. Pelantikan ini dihadiri para pejabat administrator di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur beserta para pendamping.

Dihubungi secara terpisah Kepala Kemenag Tuban terlantik Umi Kulsum mengatakan akan meningkatkan kerjasama yang lebih baik terlebih dengan keluarga ASN di Kemenag Tuban. “Karena ini merupakan satu kekuatan untuk mewujudkan program yang sudah dicanangkan oleh Gus Men yaitu 7 program outlook dalam melayani masyarakat,” ujarnya Sabtu malam.

Selain itu wanita energik ini juga akan meningkatkan kerjasama dengan stakeholder, dinas terkait dan ormas keagamaan yang ada di kabupaten Tuban.“Guyup rukun itu yang juga kami harapkan sehingga suasana kekeluargaan di Kemenag seperti baiti jannati dan semua program dari semua tusi seksi bisa di laksanakan dengan baik, semoga Allah mudahkan semuanya, sebagaimana yang di amanahkan oleh Kakanwil kepada kami,” pungkasnya.(Red).

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!