Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Wujudkan Generasi Muda Berkarakter Tangguh, Babinsa Sumberrejo Bojonegoro gelar Penguatan Bela Negara

BOJONEGORO, – Berbagai upaya terus dilakukan oleh para Bintara Pembina Desa atau Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro dalam menumbuhkan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi generasi muda bangsa diwilayah teritorialnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh para Babinsa jajaran Koramil 0813-09/Sumberrejo, memberikan penguatan bela negara kepada 203 pelajar SMK Attanwir Desa Talun Kecamatan Sumberrejo dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan menanamkan kembali nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila.

Koordinator kegiatan, Pelda Sutondo, Jum’at (29/9/2023), mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya mencegah menurunya jiwa patriotisme generasi muda, memudarnya wawasan kebangsaan, serta bela negara. Menurut dia, seiring kemajuan teknologi saat ini yang sangat cepat, para genarasi muda harus mampu memilih dan memilah serta memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk hal-hal yang positif.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan penguatan bela negara tersebut para generasi muda ini memiliki suatu visi dan misi yang nantinya dapat meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Disampaikan juga oleh Peltu Sutondo, bahwa nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila sangat penting untuk diajarkan kepada para pelajar sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar mereka nantinya akan terbiasa dengan tingkah laku dan perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Pelatihan bela negara ini sangat penting utamanya terkait dengan kedisiplinan dan pembentukan karakter yang berjiwa nasionalisme guna mewujudkan generasi muda yang berkarakter tangguh, disiplin, patriotisme, serta berjiwa Pancasila,” kata Pelda Sutondo.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!