Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Kepala Kemenag Tuban Uraikan Ihwal Keberangkatan Jemaah Haji

Lingkaralam.com, Tuban – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum menyebutkan jadwal keberangkatan jemaah haji adalah tanggal 29 Mei 2023. Hal tersebut sesuai edaran Kanwil Nomor B- 2904 IKw.13.05/Hj.05/05/2023 tentang Penyampaian Jadwal Kloter Embarkasi Surabaya 1444 H.

H. Ahmad Munir mengatakan hal itu saat memberikan materi Bimbingan Manasik Haji Reguler di kecamatan Merakurak, Kerek dan Montong, Sabtu (20/05/2023).

“Kabupaten Tuban masuk dalam kloter 15, masuk Asrama Haji Sukolilo pukul 13.00 WIB, kloter 16 masuk asrama haji pukul 15 dan kloter 17 yang merupakan kloter gabungan dari kabupaten Tuban, Lamongan dan Surabaya masuk asrama haji pukul 17.00 WIB,” kata H. Ahmad Munir.

“Namun kemungkinan besar semua kloter akan diberangkatkan dari Tuban bersama-sama,” katanya

Dijelaskannya, untuk jemaah cadangan yang sudah melunasi jika memang sudah di panggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji maka akan masuk kloter 72 ke atas. “Berangkatnya berbeda namun akan kembali bersama di Arab Saudi, karena akan tinggal dalam satu tempat yang sama,” jelasnya.

Disebutkan H. Ahmad Munir, perlunya persiapan rohani dalam melaksanakan ibadah haji.

“Pertama niat dan tujuan semata-mata Karena Allah, hindarkan rofats (ucapan kotor tidak berguna), melakukan fusuq (maksiat keluar dari ketaatan kepada Allah dan kita saling membantah bertengkar dan sebagainya),” katanya.

Dia berpesan, agar jemaah selalu
rendah hati, lemah lembut, mengutamakan kebaikan budi pekerti yang baik tidak menyakiti orang lain dan husnudzon.

“Selain itu ikhlas dalam segala ucapan dan perbuatan tidak memperhitungkan semua yang telah dikeluarkan, selalu sabar dalam menghadapi musibah atau kerugian yang menimpa fisik dan harta sebab musibah dan kerugian yang diterima dengan ikhlas akan berpahala juga di sisi Allah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala KUA kecamatan Kerek, Nurul Yaqin Anas mewakili Kepala KUA Merakurak dan Montong menjelaskan, rerata jemaah haji tahun ini adalah lansia.

“Kecamatan Merakurak jumlah jemaah 84 termasuk 5 cadangan dan yang sudah mendapat koper 79 jemaah, untuk kecamatan Kerek jumlah jemaah haji 58 orang dan kecamatan Montong 47 orang,” jelasnya.

Diketahui, dalam bimbingan manasik, jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji (rukun, wajib, larangan, dan lainnya), termasuk rencana perjalanan ibadah haji (tahapan), kesehatan haji, dan layanan untuk Jemaah haji. Lama waktu pelaksanaan manasik ini adalah 6 hari, 4 hari teori dan 2 hari praktek.

Oleh : M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!