Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Kemenag Tuban Selesaikan Pelaksanaan Manasik Haji Reguler Kecamatan

Lingkaralam.com, Tuban – Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Reguler di KUA kecamatan akan selesai hari ini, Minggu (20/5/2023). Jumlah keseluruhan meliputi 14 titik lokasi.

“Untuk hari ini kami mengisi di tiga titik, diantaranya Plumpang, Rengel dan Soko. Dengan demikian, tuntas sudah rangkaian manasik haji selama 6 hari, meliputi 4 hari teori dan 2 hari praktek,” kata Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum.

Kepala Kemenag Tuban mengingatkan, bahwa Selasa tanggal 23 Mei di Graha Sandya pukul 06.00 WIB akan dilaksanakan praktek haji massal 2 di lapangan PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban.

“Mohon kehadiran semua jamaah dengan memakai baju Ihram lengkap, Insyaallah akan dilepas oleh Bupati Tuban,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, tidak ada ibadah yang serumit ibadah haji pengaturannya, karena melibatkan berbagai Kementerian. “Sehingga perkembangan informasi haji itu berubah setiap menitnya,” terangnya.

Disebutkannya, bahwa ada kabar terbaru, jemaah haji cadangan sedang diupayakan masuk kloter bersama dengan jemaah haji yang tidak cadangan. “Kami masih menerima intruksi dan koordinasi dalam hal ini dengan pihak Kanwil Kemenag Jatim,” jelas Munir.

Sebagai informasi, jumlah lunas tunda, urut porsi dan prioritas lansia sejumlah 1.051 Jemaah. Cadangan pertama 107, cadangan kedua 78 dan cadangan ketiga 305, sehingga total kuota jemaah haji asal kabupaten Tuban adalah 1.541 jemaah.

Dari semua jumlah jemaah haji cadangan
yang tidak melakukan pelunasan sejumlah 266 jemaah, sehingga total yang sudah melakukan pelunasan sejumlah 1.275 jemaah.

Kepala KUA Plumpang, Nurpuat yang juga Ketua APRI Kabupaten Tuban menjelaskan kegiatan bimbingan manasik ini jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji (rukun, wajib, larangan, dan lainnya), termasuk rencana perjalanan ibadah haji (tahapan), kesehatan haji, dan layanan untuk Jemaah haji.

“Untuk Plumpang gabungan dari 2 kecamatan Plumpang (73 jemaah) dan Widang (46 jemaah). Sementara Kecamatan Rengel 47 jemah untuk dan Kecamatan Grabagan 15 jemaah gabung di Rengel. Sedangkan Kecamatan
Soko 68 orang jemaah.

Dalam kegiatan ini, selain Kakankemenag Tuban, hadir pula pemateri lain diantaranya, Kasi Bimas Islam Mashari, Pranata Humas Laidia Maryati dan Tokoh Agama setempat.

Oleh : M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!