Senin, April 15, 2024
spot_img

Wujudkan RAK Juang Tangguh, Kodim Bojonegoro bedah rumah Warga Campurejo

Lingkaralam.com,Bojonegoro– Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat diwilayah teritorial, serta dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar kegiatan Karya Bakti TNI Satkowil Semester I tahun 2023, Selasa (16/05/2023).

Dengan mengusung tema ‘Karya Bakti yang Adaptif Guna Meningkatkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh’ kegiatan ini memiliki sasaran yaitu perehaban Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik bapak Sukono (61) warga Desa Campurejo RT.021/RW.001 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, menyampaikan, kegiatan program karya bakti TNI Satkowil dilaksanakan secara gotong-royong antara anggota TNI, perangkat Desa Campurejo dan warga masyarakat sekitar tersebut dalam rangka percepatan pembangunan diwilayah guna pemberdayaan pertahanan aspek darat.

“Kegiatan ini merupakan wujud tugas perbantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka akselerasi pembangunan guna peningkatan taraf hidup masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, dilaksanakanya kegiatan Karya Bakti TNI Satkowil ini juga untuk merekatkan hubungan silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan serta dalam rangka memantapkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Pihaknya menargetkan, perehaban rumah tidak layak huni ini rampung dalam sepekan.

“Dengan semangat gotong-royong kita wujudkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh dalam rangka sistem pertahanan semesta,” kata Kapten Inf Surahmat.

Kepala Desa Campurejo, Edi Sampurno, atas nama pemerintah desa, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih jajaran TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro yang selalu berperan aktif hadir membantu kesulitan masyarakat. Menurut dia, kegiatan bedah rumah dalam program Karya Bakti TNI tersebut sangat bermanfaat sekali bagi warga masyarakat yang membutuhkan dalam rangka peningkatan kelayakan kehidupan sehari-hari.

“Terima kasih kepada TNI khususnya bapak Dandim 0813 Bojonegoro yang sudah hadir dan berperan aktif, mendekat bersama masyarakat, membangun dari bawah untuk kemakmuran rakyat. Kami juga berharap agar TNI harus terus berbaur dengan masyarakat seperti ini, karena TNI sangat dekat dengan rakyat, karena sistem pemberdayaan dari TNI ini sangat efisien membantu dan dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu penerima manfaat bantuan bedah rumah, Sukono, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya TNI Kodim 0813 Bojonegoro, pemerintah desa dan warga masyarakat Desa Campurejo yang telah merenovasi rumahnya untuk menjadi rumah yang layak huni.

Bapak Sukono, tinggal bersama dengan 4 anaknya, sedangkan isteri meninggal beberapa tahun yang silam. Dalam keseharianya, Sukono, bekerja sebagai sopir bus Ngawi – Bojonegoro. Penghasilanya, hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari. Sementara untuk perbaikan rumahnya belum mempunyai biaya, dimana kondisi rumah masih berlantaikan tanah, atap rumah banyak yang bocor jika musim hujan, dan bahkan kondisi dapur rumahnya hampir roboh.

“Syukur Alhamdulillah, saya merasa senang sekali mendapat bantuan ini. Mudah-mudahan setelah diperbaiki nantinya, saya sekeluarga akan merasa lebih nyaman tinggal di rumah,” tuturnya.[]

M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!