Senin, April 15, 2024
spot_img

Hadiri Upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah, Ini Harapan Dandim Bojonegoro

Lingkaralam.com,Bojonegoro– Sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat, kembali ditunjukkan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, beserta Koramil jajarannya. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Yaitu dengan menghadiri undangan pada kegiatan upacara dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dirangkai dengan Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023 di Alun-alun Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Selasa (2/5/2023).

Turut hadir pula dalam kegiatan dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar” ini diantaranya jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bojonegoro, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bojonegoro, siswa SD, SMP dan SMA serta tamu undangan lainnya.

“Diharapkan bagi para pelajar diwilayah Kabupaten Bojonegoro ini dapat lebih semangat dan tekun dalam belajar, untuk menyongsong hari depan lebih baik sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang mandiri dan produktif,” kata Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Sementara itu dalam sambutanya, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, menyampaikan bahwa Kabupaten Bojonegoro terus menorehkan prestasi yang membanggakan. Terbaru, Bojonegoro meraih penghargaan kategori 10 besar pemerintahan daerah berkinerja tertinggi secara nasional tahun 2022. Sehingga, prestasi yang sudah diraih ini harus terus ditingkatkan dan memberi semangat untuk prestasi di hari mendatang.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan kepada semuanya karena Bojonegoro meraih penghargaan kategori 10 besar pemerintahan daerah berkinerja tertinggi secara nasional tahun 2022. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan minimal bisa dipertahankan,” harapnya.

Momen ini mengingatkan pada perjuangan Ki Hadjar Dewantara yang memperjuangkan hak pendidikan bukan hanya untuk keturunan Belanda dan orang kaya. Tapi pendidikan adalah hak seluruh rakyat Indonesia. Saat ini pemberian akses pendidikan mudah, juga peluang untuk meraih pendidikan setinggi yang dimampu. Tentunya tanpa adanya label bahwa pendidikan tinggi hanya milik sekelompok atau orang yang memiliki kemampuan finansial.

Oleh karena itu, sebagai aset bangsa, Bupati Bojonegoro mengajak mewujudkan cita-cita negara untuk kecerdasan kehidupan bangsa. Dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan memanfaatkan pendidikan sebagai media untuk meningkatkan kualitas diri.

Terkait Indonesia Emas 2045, yakni masa depan Indonesia yang sejak lama dicita-citakan. Untuk itu, pemerintah telah menyusun Empat (4) Pilar Visi Indonesia 2045. Salah satunya pembangunan sumber daya manusia. Sejalan dengan hal tersebut, setelah 27 tahun otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, sumber daya manusia yang ditandai dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Tahun 2023, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar dan Selamat Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023, Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul,” pungkas Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Adapun 4 Pilar Visi Indonesia 2045 yaitu :
1. Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan
3. Pemerataan Pembangunan
4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.[]

Dewi Avi Hanida

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!