Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Pembinaan Penggunaan Dana BOS, Kepala Kemenag Tuban : Laporan BOS Harus Sesuai Juknis

 

Lingkaralam.com, Tuban – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Tuban, Dr. H. Ahmad Munir M. Hum Memberikan Pembinaan Penggunaan dan Pelaporan Dana BOS Madrasah periode 1 Januari – Juni 2023. Pembinaan dilakukan
di MI Islamiyah Mulyoagung Singgahan, Kamis (06/04/2023).

Dalam pembinaan ini, Kepala Kemenag Tuban didampingi Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas, Umi Kulsum.

Dr. H. Ahmad Munir dalam berpesan, bahwa laporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) harus sesuai petunjuk teknis.

“Laporan administrasi harus sesuai juknis dan juklaknya, jangan lupa harus tepat regulasi, tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran dan tepat manfaat,” katanya.

Sebagai tangan panjang Menteri Agama, ia membawa segudang inovasi. “Madrasah harus mendukung program Menag, satu gerbong satu barisan,” terang dia.

Disebutkannya, Kepala Madrasah harus tahu visi madrasah, antar lembaga pasti berbeda. Bagi peran dan tugas, EDM guru harus di bangun.

“Kalau gurunya berkualitas sudah pasti muridnya juga handal, tegaknya madrasah tidak bisa sendirian, harus bersama tim, harus baik hubunga dengan kepala, dengan guru, komite, dengan masyarakat dan Seksi Penma,” katanya

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tuban, Umi Kulsum menjelaskan , bahwa untuk menghadapi era 5.0 a
Ini, madrasah diharapkan mengikuti berbagai ajang lomba baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Pemetaan minat dan bakat siswa, tambah Umi Kulsum, harus segera di laksanakan. “Nantinya semua itu akan menghantarkan madrasah menjadi madrasah mandiri dan punya banyak prestasi di segala bidang,” kata Umi Kulsum.

Dalam momen ini Umi Kulsum juga memaparkan program kerja seksi Penma di hadapan undangan yang terdiri dari Kepala Madrasah dan Bendahara ini. Dalam kesempatan ini juga disampaikan paparan Anugerah Madrasah Inovasi oleh Pengawas, Suwarno.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti 390 lembaga dengan rincian MI 239 lembaga, MTs 104 lembaga dan MA 47 lembaga, yang dibagi menjadi 3 titik pelaksanaan. Titik tersebut adalah di MTs Manbail Futuh Jenu meliputi MI, MTs dan MA Kecamatan Bancar, Tambakboyo, Jenu, Kerek, Merakurak, Tuban, Semanding, Palang.

Titik kedua di MI Al Hidayah Soko meliputi MI, MTs dan MA Kecamatan Soko, Rengel, Grabagan, Plumpang dan Widang. Titik ketiga dilaksanakan di MI Islamiyah Mulyoagung Singgahan meliputi MI, MTs dan MA Kecamatan Kenduruan, Jatirogo, Bangilan, Singgahan, Senori, Parengan dan Montong.

M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!