Jumat, April 19, 2024
spot_img

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa, Pemdes Sambeng Bojonegoro Implementasikan Program Wisata Desa 

Lingkaralam.com, Bojonegoro – Desa Sambeng Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro terus melakukan inovasi dalam upaya pengembangan potensi desanya. Terbaru Pemdes Sambeng menginisiasi pengembangan wisata desa dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

“Pembangunan infrastruktur wisata desa ini adalah upaya pemdes Sambeng untuk mensejahterakan warganya. Dengan dibangunnya wisata desa ini tentunya akan kebih menggairahkan perekonomian warga di sini,” kata Kepala Desa Sambeng, Pujianto, AMd, Rabu (1/2/2023).

Disebutkannya, saat ini pembangunan infrastrukturnya sedang berjalan. Ditargetkan bulan Ramadhan tahun akan selesai dan difungsikan untuk umum.

“Saat ini progres pembangunannya sudah lebih dari 50%. InsyaAllah bulan puasa nanti kita targetkan selesai. Setelah itu akan kita buka untuk umum,” katanya.

Pembangunan sektor wisata ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sambeng.

“Sektor wisata ini diharapkan bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi desa. Selain tentunya juga aspek pemberdayaan masyarakat desa. Prinsip ini berfokus terhadap peningkatan kesejahteraan warga Desa Samben,” kata Pujianto.

“Selain itu, tujuan dibangunnya wisata desa ini juga dalam upaya melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya yang dimilik Desa Sambeng. Efek domino lain adanya peningkatan kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan kelestarian budaya Desa Sambeng,” kata Pujianto.

Menurutnya, beberapa destinasi yang nantinya akan menjadi daya tarik obyek wisata ini diantaranya Kolam pemancingan dan wisata kuliner serta destinasi menarik lainnya.

Sementara untuk lokasi wisata Desa Sambeng ini diantaranya memanfaatkan Waduk Sambeng yang dulu dibangun Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo. Sementara anggarannya bersumber dari Program Desa Berdaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan Dana Desa (DD).

“Selain pengembangan potensi wisata desa, Pemdes Sambeng juga memiliki banyak program-program lain yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Desa Sambeng,” kata Pujianto.[]

SUCIANA

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!