Jumat, April 19, 2024
spot_img

Dandim Bojonegoro hadiri kegiatan AKRS Peringatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI Tahun 2023

BOJONEGORO, – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Kemerdekaan RepubIik Indonesia tahun 2023, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bojonegoro menghadiri kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bojonegoro turut Jalan KH. Hasyim Asyari, Rabu (16/08/2023).

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dengan Inspektur Upacara (Irup) Kapolres Bojonegoro AKBP Rogib Triyanto, SIK., ini dihadiri jajaran Forkopimda Bojonegoro, anggota DPRD Bojonegoro, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para Danramil dan Kapolsek.

Adapun rangkaian AKRS ini diawali dengan acara pendahuluan yaitu laporan Perwira Upacara kepada Irup, kemudian Irup tiba ditempat upacara. Berikutnya acara pokok yakni laporan Komandan Upacara (Danup) kepada Irup, penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan naskah Apel Kehormatan dan Renungan Suci, mengheningkan cipta, penyalaan obor oleh petugas, pembacaan doa, penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan yang dilanjutkan dengan laporan Danup.

Dan sebagai acara penutup dalam kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) tersebut yaitu Inspektur Upacara (Irup) meninggalkan tempat upacara, laporan Perwira Upacara kepada Irup dan pasukan upacara dibubarkan.

Ditemui usai pelaksanaan kegiatan, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, menuturkan, Apel Kehormatan dan Renungan Suci atau AKRS ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI. Dia berharap, segala pengorbanan para pahlawan mendapatkan balasan yang setimpal disisi Allah SWT.

“Dan kita sebagai generasi penerus, akan mengisi kemerdekaan ini dengan pembangunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap tegaknya NKRI,” ucapnya.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!