Jumat, April 19, 2024
spot_img

Rekontruksi Rigit Beton Jalan Mangga ( Veteran),Diduga Belum Sesuai Sepesifikasi Teknis

Lingkaralam.com,Bojonegoro- Rekonstruksi Jalan Mangga (Jalan Veteran) adalah Produk dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang (DPUBM-PR) Kabupaten Bojonegoro. Nampak mencolok di beberapa item tidak sesuai sepesifikasi teknis yang termaktup dalam kontrak kerja,Jumat (30/06/2023).

Data yang dihimpun pewarta lingkaralam.com mulai dari pekerjaan awal hingga saat ini sudah mencapai 50 persen, Namun ada beberapa item tidak di laksanakan sesuai sepesifikasi teknis, Nampak mencolok adalah Ketebalan lantai kerja cor beton yang familier disebut (B Nol) kurang dari 10 cm, lapisan pondasi agregat kelas A ( LPA) sangat tipis serta Kedalaman strouss 120 cm dan panjang besi strouss hanya 135 cm.

“Volume kebutuhan lantai kerja yang terdiri dari lebar kali panjang jalan rigit beton jika dihitung dengan rupiah atau diuangkan tentunya menghasilkan nilai yang besar,” kata Yanto, warga sekitar dini hari.

Dia menekankan, Proyek ini dibiayai oleh uang rakyat. Maka sudah sepatutnya dikerjakan sesuai dengan ketetapan aturan dan kontrak kerja yang telah disepakati semua pihak,” katanya.

“Jika terjadi permasalahan kecurangan di dalam pelaksanaan proyek, semua pihak yang menyepakati isi kontrak kerja harus bertanggungjawab sepenuhnya. Karena pada prinsipnya proyek bersifat collective colligial, artinya semua pihak harus bertanggungjawab sesuai fungsi dan perannya masing-masing sebagaimana yang termaktub di dalam kontrak kerja,” katanya.

Kontraktor pelaksana proyek ini adalah CV. Rafifa Wiratama Jalan Kebonsari 7B/15 – Surabaya (Kota) – Jawa Timur.Sementara konsultan pengawasnya adalah CV. Eka Karya Consultant

Proyek dengan nilai kontrak Rp 4,4 miliar dilaksanakan tidak sesuai dokumen perencanaan sebagaimana yang termaktub dalam kontrak kerja. Sementara waktu pelaksanaan proyek ini 120 (seratus dua puluh) hari kalender.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang (DPUBM-PR) Kabupaten Bojonegoro.Retno Wulandari saat dikonfirmasi pewarta lingkaralam.com lewat pesan singkat aplikasi whatsapp belum ada jawaban.

Oleh: Redaksi

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!