Jumat, April 12, 2024
spot_img

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya Resmi Dilantik

 

Lingkaralam.com, Surabaya, – Direktur Bina Haji dan Umrah beserta Kakanwil Kemenag Jatim dan Kepala Biro Kesra Provinsi Jawa Timur, Imam Hidayat melaksanakan Pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Senin (15/5/2023) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Direktur Bina Haji dan Umrah Kemenag, Nur Arifin memberikan apreasiasi kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah I Dar Parawansa yang telah melaksanakan apel siaga Petugas Haji Jawa Timur.

“Hal ini menunjukkan kekompakan Embarkasi Surabaya yang bisa memberikan layanan terbaik. Semoga semua dimudahkan diberikan kelancaran dan mendapatkan predikat haji yang mabrur,” kata Nur Arifin.

Dirinya berpesan, supaya para petugas menjaga kesehatan baik fisik maupun non fisik.

“Kondisi tidak sama dengan situasi di Indonesia, jaga hati jangan saling menyalahkan, jangan membuat masalah, ingat, tahun 2023 ini banyak jemaah haji lansia,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dalam sambutannya melaporkan, bahwa jumlah jemaah haji Embarkasi Surabaya adalah 36.907 jemaah.

“Semua tergabung di tiga provinsi, Jatim 35.152 jemaah, Bali 669 jemaah NTT 666 jemaah dan petugas 420 orang,” katanya.

Dirinya juga menginformasikan, bahwa sesuai rencana, perjalanan haji 1444 H, jemaah haji kloter pertama masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya tanggal 23 Mei 2023 dan tanggal 24 Mei awal pemberangkatan kloter jemaah haji.

“Kloter 1 dari kabupaten Bangkalan dan jemaah tertua Jawa Timur 119 tahun dari kabupaten Pamekasan,” katanya.

PPIH Embarkasi SUB Surabaya terdiri gabungan dari berbagai Kementerian, dari Kementerian Kesehatan, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan, Otoritas bandara dan Kepolisian.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum yang juga salah satu petugas kloter berharap, pihaknya dapat menjalankan tugas dengan baik, melayani jemaah, dan sekaligus bisa berkesempatan menjalankan ibadah.

“Di daerah kami terus melakukan tahapan-tahapan proses pemberangkatan jemaah haji, harapan kami semua berjalan lancar dimudahkan Allah SWT, dan semua jemaah mendapatkan predikat mabrur,” kata H. Ahmad Munir.

Dirinya juga menginformasikan, bahwa ada dua jenis pesawat yang akan mengangkut jemaah SUB Surabaya, yakni Boing 747-400 kapasitas 450 seat dan Airbus 303-300 kapasitas 400 seat semuanya disediakan oleh Saudi Arabian Airlines.

Oleh : M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!