Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Kanwil dan Kakankemenag se-Jatim Silaturrahmi Syawal Bersama Menteri Agama

Lingkaralam.com, Tuban – Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan Kakankemenag se-Jawa Timur menggelar Silaturahmi Syawal di kediaman Menteri Agama di Komplek Pondok Raudlatul Tholibin Rembang Jawa Tengah, Senin (24/04/2021). Kemenag Tuban turut mengikuti kegiatan ini.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan terimakasih atas kekompakan rombongan Kemenag Jatim yang sangat menghargai momen Syawal sebagai ajang silaturahmi.

Menteri Agak juga menyinggung ihwal BKM (Badan Kesejahteraan Masjid). Menteri berjanji untuk menuntaskan BKM. “BKM dibentuk oleh Kemenag harus dihidupkan kembali oleh Kemenag,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram di temui usai acara menyebutkan, Badan Kesejahteraan Masjid adalah lembaga resmi yang dibentuk oleh Kementerian Agama untuk meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam.

“BKM bertujuan meningkatkan kesejahteraan masjid atas dasar taqwa, melalui peningkatan manajemen (idarah), kemakmuran (imarah) dan pemeliharaan (riayah),” katanya.

Iya menyebutkan bahwa, pihaknya sudah mengimbau Kakankemenag se-Jawa Timur untuk menerbitkan kepengurusan BKM di tingkat kecamatan sampai tingkat desa.

“Jalin regulasi dan kemas dengan baik, bangun komunikasi dan jalin relasi dengan stakeholder terkait,” katanya.

Kakankemenag Tuban, H. Ahmad Munir dalam momentum ini mengatakan, ang juga Ketua Paguyuban Kakankemenag se-Jawa Timur menanggapi apa yang disampaikan Kakanwil Kemenag Jatim tentang pembentukan BKM di daerah.

“Melalui Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, pembentukan BKM sudah di tindaklanjuti sampai tingkat desa, kami rapat langsung dengan seluruh Kepala KUA awal bulan puasa kemarin,” kata H. Ahmad Munir yang juga Ketua Paguyuban Kakankemenag se-Jawa Timur.

Disebutkannya, hal itu selain intruksi Kakanwil Kemenag Jatim juga sudah
tertuang dalam KMA Nomor 54 Tahun 2006 tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengurus masjid. “SK Kepengurusan juga sudah kita usulkan ke kanwil,” kata H. Ahmad Munir.

M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!