Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

Ikuti Rakor Implementasi Program REP-MEQR, Kankemenag Tuban ; Diharapkan Memberikan Dampak Terhadap Masyarakat Melalui Kemenag

Lingkaralam.com, Tuban – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, De. H. Ahmad Munir, M.Hum mengikuti kegiatan Rakor Implementasi Program REP-MEQR (Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform) hotel Novotel Samator Surabaya, 3-5 April 2023.

Kegiatan ini diinisiasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim. Kegiatan ini bagian dari upaya penilaian terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram mengatakan, bahwa

“Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Electronic Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) adalah salah satu upaya penilaian terhadap mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dalam sambutannya.

Kakanwil mengimbau upaya menciptakan pendidikan yang berdaya saing, khususnya di Jawa Timur. Pihaknya berharap madrasah semakin bermutu, dari segala sisi, kualitas tata kelola penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama. Disisi lain, Kakanwil meyakini Madrasah hari ini sudah semakin terdepan.

“Banyak guru-guru madrasah sudah mampu menulis buku buku yang telah di cetak di percetakan nasional, ini menandakan guru madrasah literasi nya sudah baik, tinggal mengembangkan,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini dapat menguatkan sinergitas antar tim, khususnya pada Tim Inti Provinsi (TIP) dan TIK (Tim Inti Kabupaten), khususnya di Jawa Timur.

Disebutkan Husnul Maram, bahwa ada empat komponen yang menyangga pengembang mutu pendidikan madrasah, diantaranya :

Kegiatan e-RKAM berbasis elektronik dan pemberian dana bantuan madrasah.
Kegiatan penerapan sistem penilaian hasil belajar peserta didik madrasah.
Kegiatan pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah.
Pengembangan sistem EMIS untuk mendukung data yang berkualitas.
“Data ini selalu menjadi masalah, mari kita hindari input data yang asal jadi, asal cepat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tuban, H. Ahmad Munir berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak kepada masyarakat melalui Kementerian Agama Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Tuban.

“Dengan giat ini semoga bisa menjadikan momentum untuk saling belajar, saling bersilaturahmi dan menyamakan persepsi, serta berkolaborasi dalam rangka mengawal kegiatan MEQR di lingkungan Kanwil Kemenag Jawa Timur Tahun 2023,” kata H. Ahmad Munir, Selasa (4/04/2023)

Sebelumnya, pada kesempatan ini, dilakukan juga serah terima Barang Milik Negara yang dialihkan penggunaannya kepada satuan kerja di Kemenag Kota Madiun, Kemenag Kota Batu, Kemenag Kabupaten Malang (MTsN 4), dan Kemenag Pacitan (MIN 1), masing-masing berupa mobil operasional.

M. Zainuddin.

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!