Rabu, April 17, 2024
spot_img

Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. H. Nizar Ali Hadiri dan Buka Rakerpim 2023 Kanwil Kemenag Jatim 

Lingkaralam.com, Tuban – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Dr. H. Nizar Ali membuka Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) Kemenag Jawa Timur di Hotel Royal Tulip Surabaya, Senin malam (06/03/2023).

Sekjen Kemenag menjelaskan berbagai serapan dan capaian Kanwil Kemenag se- Indonesia. Momen ini juga digunakan Nizar Ali untuk memberikan tips guna memetakan kegiatan, pembuatan schedule serta angka yang besar di depan. “Selain itu belanja barang, Sirupnya di upload semua, dengan tips ini insyaallah aman,” kata Nizaemr Ali.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Husnul Maram, M.HI mengatakan, kegiatan ini mengacu pada Rencana Strategis Kemenag 2022-2023.”Kegiatan ini mengacu Renstra Kemenag 2022-2023. Selain itu juga tindak lanjut Rakernas awal Pebruari tahun ini di hotel Platinum Surabaya,” katanya.

Kegiatan Rakerpim Kemenag Jawa Timurmengambik tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Diharapkan kerukunan umat mengawal dan mengembangkan peran kontekstual di tengah masyarakat.

Sekjen Kemenag disambut dengan tarian Jatim Madura, penampilan dari MAN Bangkalan. Pada kesempatan ini disampaikan tampilan video capaian kinerja Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram selama satu tahun.

Capaian tersebut meliputi Program Kemandirian Pesantren, Pemberdayaan Penyuluh Agama semua agama. Kanwil Kemenag Jatim didukung oleh 666 KUA se-Jatim mewujudkan program revitalisasi KUA. Selain itu berupaya memberikan pelayanan dan pembinaan dengan hadirnya PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu), launching Si Halal, dan adanya PTSP.

Integritas juga terus di bangun oleh Kanwil Kemenag Jatim. Toleransi antar umat beragama menjadi perekat antar ras dan golongan dan berkomitmen merawat Indonesia. Banyak lagi capaian yang sudah diraih, diantaranya sebagai Juara Umum MTQ Nasional 2022.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum ikut hadir bersama Kasubag TU, Kasi Bimas Islam, Penzawa, Perencana, Pranata Humas dan Ketua DWP Kemenag Tuban mengatakan, undangan terbatas karena kapasitas tempat.”Untuk seksi se-Jawa Timur di bagi perwakilan tidak semua seksi tiap kabupaten diundang karena kapasitas tempat,” katanya.

Acara pembukaan diakhiri dengan doa oleh semua tokoh berbagai pemeluk agama. Rakerpim Kemenag Jawa Timur rencananya akan berlangsung selama 3 hari, dimulai tanggal 6-8 Maret 2023, yang dikemas dalam beberapa sesi.[]

M ZAINUDDIN

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!