Senin, April 15, 2024
spot_img

KH. Fathul Huda Emban Amanah Pimpin Jatman Jawa Timur Masa Khidmah 2022-2028

Lingkaralam.com, Tuban- Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Huda Kabupaten Tuban yang juga mantan Bupati Tuban dua periode, Jawa Timur KH. Fathul Huda terpilih sebagai Rais Idaroh Wustha Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Jawa Timur, masa khidmah 2023-2028.

KH. Fathul Huda terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah daerah (Musda) ke-5, di Ma’ahad Bahrul Huda, Sabtu, (25/2/2023).

Musyawirin bmmemilih KH Fathul Huda, usai dilakukan rapat tertutup yang dilakukan sembilan Mursyid Thariqah anggota tim formatur Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA).

KH. Chusnan Ali dari Mojokerto yang memimpin sidang pleno akhirnya menetapkan KH. Fathul Huda sebagai Rais Idarah Wustha Jatman Jawa Timur.

Terpilihnya Rais dan Mudir merupakan kesepakatan 9 anggota Tim AHWA yang terdiri dari 2 Anggota Aliyah dan 9 Masyayikh dari perwakilan Korwil se-Jawa timur.

Sistem AHWA merupakan mekanisme yang diterapkan untuk memilih Rais dan Mudir Idarah Wustha Jawa Timur sekaligus oleh 9 Mursyid Thariqah dengan cara musyawarah mufakat.

Wakil Ketua Idarah Aliyah Jatman, KH Chusnan Ali menyampaikan, bahwa tugas penting dari rais dan mudir adalah memasyarakatkan thariqah dan menthariqahkan masyarakat. Bagaimana thariqah tidak hanya menyentuh level usia lanjut saja tetapi juga segala usia.

“Di Jawa Timur dengan keberadaan 14 thariqah yang berbeda merupakan kekuatan membangun kerukunan, harmoni sekaligus teladan bagi daerah lain,” kata KH. Chusnan Ali.[]

M ZAINUDDIN

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!