Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

Kankemenag Tuban Implementasikan Tanda Tangan Elektronik dalam Pelayanan Publik 

Lingkaralam.com-Tuban, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mengadakan giat Capasity Building Revitalisasi KUA dengan tema “Transformasi Digital Pelayanan Publik melalui Implementasi Tanda Tangan Elektronik pada KUA” di Aula KUA Tuban, Senin (20/2/2023).

Peserta kegiatan ini adalah seluruh Kepala KUA dan Operator. Hadir dalam acara ini Kepala Kemenag Tuban, Dr. Ahmad Munir, M.Hum dan Dinas Komunikasi dan informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo) Kabupaten Tuban, sebagai salah satu narasumber.

Dr. Ahmad Munir, M.Hum mengatakan, tanda tangan merupakan tanda tulisan identitas diri seseorang sebagai keabsahan sah tidaknya sebuah dokumen.

“Ada beberapa manfaat dari tanda tangan elektronik. Pertama adalah efisiensi waktu. Dengan adanya TTE tersertifikasi dalam beberapa menit dokumen elektronik dapat segera ditandatangani dan dikirim sekalipun dari jarak jauh,” katanya.

“Kedua adalah secara kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah. Selanjutnya ketiga adalag identitas terjamin, melalui penggunaan teknologi kriptografi asimetris yang dibuat secara unik untuk tiap individu,” kata H. Ahmad Munir.

Sementara itu, Raga Yustia narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Tuban bagian Pranata Komputer menerangkan, bahwa dasar TTE (Tanda Tangan Elektronik) adalah UU ITE no. 11 tahun 2008 pasal 12.

“Regulasi itu berbunyi, bahwa setiap orang yang terlibat dalam tanda tangan elektronik berkewajiban memberikan pengamanan atas tanda tangan elektronik yang digunakannya. “Kemudian dasar yang kedua adalah Perbub Tuban no 21 tahun 2019,” kata Raga Yustia.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari berharap, setelah diadakan kegiatan sosialisasi TTE ini untuk segera diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas kedinasan sehari-hari.

“Nanti secara teknis bisa langsung dipandu oleh Teknisi Kemenag dalam hal ini staf umum, Imam Shofiyudin,” katanya.

Dia menyebutkan, pendanaan kegiatan ini bersumber dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kankemenag Tuban.[]

M ZAINUDDIN

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!