Rabu, April 17, 2024
spot_img

Dandim Bojonegoro hadiri Rapat Sinkronisasi Cipta Harmoni Trantib Umum Jelang Pilpres dan Pileg Serentak Tahun 2024

BOJONEGORO, – Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., turut mengikuti kegiatan Rapat Sinkronisasi Cipta Harmoni Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Umum Pilpres dan Pileg Serentak Tahun 2024 di Ruang Rapat ‘Mliwis Putih’ Bakorwil Bojonegoro, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar instansi ini guna menjaga stabilitas keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif dan antisipasi terhadap gangguan pelaksanaan Pilpres dan Pileg Serentak Tahun 2024.

Adapun peserta rapat ini terdiri dari Kodim, Polres, Bakesbangpol, SatPol PP, Bagian Pemerintahan, KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota se- wilayah kerja Bakorwil Bojonegoro, serta menghadirkan 3 (Tiga) narasumber yakni Biro Operasional Polda Jatim oleh Kabag Binops AKBP Rahmat Ansori, Staf Operasional Korem 082/CPYJ oleh Kasi Ops Letkol Inf Seco Wiguna dan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Khoirul Anam.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan, peran TNI dalam Pemilu dapat dilihat berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dalam Pasal 7 Ayat (2) huruf b angka 10 Undang-Undang tersebut, disebutkan bahwa salah satu tugas TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu Kepolisian Negara RI dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam Undang-Undang yang berlaku. “Sehingga, TNI akan tetap menjaga netralitasnya pada pelakasanaan Pemilu 2024,” tegasnya.

Sementara itu dalam sambutanya, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Dr. Agung Subagyo, S.STP., M.Si., menyampaikan bahwa rapat sinkronisasi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dini terhadap ancaman gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) guna terciptanya kondusifitas diwilayah, serta untuk deteksi dini menjelang pelaksanaan Pilpres dan Pileg Serentak tahun 2024 dengan tujuan cipta harmoni ketentraman dan ketertiban umum.

“Sehingga kita sebagai apartur negara, sikap netralitas dalam pelaksanaan Pilpres dan Pileg Serentak tahun 2024 harus kita junjung tinggi,” ujarnya.

Oleh: Humas Dandim 0813 Bojonegoro

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!