Jumat, April 12, 2024
spot_img

Pesan Bupati Tuban Saat Buka Bimsik Massal II Diikuti Ribuan Jemaah

Lingkaralam.com, Tuban – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki membuka giat Bimbingan Manasik Haji Massal 2 (praktek) tahun 2023 untuk 1.541 Jemaah Haji Kabupaten Tuban, di Graha Sandya, Selasa (26/05/2022). Di dalamnya termasuk didalamnya kuota cadangan.

Bupati Aditya hadir bersama Jajaran Forkopimda. Kehadiran Bupati Lajang beserta rombongan disambut langsung oleh Kakankemenag Tuban, Dr. H. Ahmad Munir, M.Hum.

Bupati Tuban mengatakan, bahwa kegiatan manasik adalah kegiatan yang sangat penting, merupakan awal pembekalan rangkaian ibadah haji.

“Manasik sangat bermanfaat untuk jemaah, untuk itu mohon jemaah haji menjaga kesehatan mulai saat ini, pemberangkatan dan pelaksanaan ibadah haji hingga pulang ke tanah air,” kata Bupati Tuban.

Dirinya mengimbau agar jemaah sebelum berangkat bersilaturahmi secukupnya untuk menjaga kesehatan. Menurutnya, jamaah jangan sampai putus dengan rombongan.

“Terus lakukan koordinasi dengan pendamping, yang masih muda selalu mengawal yang jemaah yang sudah tua dan bawa obat-obatan secukupnya,” kata Bupati Lindra.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, H. Ahmad Munir melaporkan, pihaknya memang mengundang seluruh jemaah haji urut porsi dan seluruh cadangan.

“Sehingga jumlah total yang mengikuti manasik 1.541 orang dengan rincian jemaah lunas tunda, urut porsi, prioritas lansia 1.051 jemaah, cadangan pertama 107 jemaah, cadangan kedua 78 jemaah dan cadangan ketiga 305 jemaah,” kata H. Ahmad Munir.

Disebutkannya, jemaah yang tidak lunas total 266 jemaah dengan rincian lunas tunda, urut porsi, prioritas lansia 103 jemaah, cadangan 1, 2 dan 3 sejumlah 163 jemaah.

“Sedangkan jumlah jemaah yang melunasi
1.275 jemaah dengan rincian jemaah lunas tunda, urut porsi, prioritas lansia 948 orang dan cadangan 1, 2 serta 3 sejumlah 327 orang, kemudian yang terakhir yang sudah pelunasan tapi tidak masuk pemberangkatan 48 orang,” kata H. Ahmad Munir.

Menurut Kepala Kemenag, Kabupaten Tuban masuk dalam kelompok terbang (kloter) 18 sejumlah 445 orang dan kloter 19 sejumlah 445 orang akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya tanggal 30 Mei,” Sementara kloter 24 sejumlah 338 orang akan berangkat ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya tanggal 2 Juni mendatang,” katanya.

Setelah dilaksanakan praktik manasik haji jemaah memasuki gedung Graha Sandya untuk menerima materi dari Kakankemenag Tuban dan dari Dinas Kesehatan yang diwakili oleh dr. Atik Supartiningsih. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan mou Kemenag Tuban dengan PT. SIG Pabrik Tuban dan sambutan oleh Manajer Official Corporate Communication PT SIG, Siswanto.

Sebagai informasi, PT. SIG membantu sewa gedung 2 kali, tempat praktek lengkap dengan sarana prasarana (replika, tenda dan sound sistem) air zam-zam dan 1 bus pemberangkatan.

Oleh : M. Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!