Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Perjusami, Saka Wira Kodim Bojonegoro gelar Bakti Sosial Kemasyarakatan

Lingkaralam.com,Bojonegoro – Kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu dan Minggu (Perjusami) oleh Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Kodim 0813 Bojonegoro dipusatkan dilapangan Desa Sumberarum Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Mei 2023.

Perkemahan tersebut diikuti sebanyak 124 peserta Pramuka Penegak dan Pramuka Pendega binaan Kodim 0813 Bojonegoro beserta Koramil jajarannya dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan ketrampilan dibidang matra darat.

Dalam kegiatan ini, para peserta perkemahan mendapatkan pembekalan materi 5 (lima) Krida Saka Wira Kartika yaitu Krida Mountainering, Krida Pioneering, Krida Navigasi Darat, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Serda Arif Zuhria, selaku Pamong Saka Wira Kartika Kodim 0813 Bojonegoro, Sabtu (13/5/2023).

Tidak hanya itu, para peserta perkemahan juga melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti pemberian paket sembako kepada para lansia dan disabilitas, aksi donor darah dan karya bakti lingkungan diseputaran lokasi perkemahan dalam rangka menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat.

Menurut Serda Arif Zuhria, kegiatan bakti sosial tersebut merupakan pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka yang merupakan pedoman bagi anggota Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Harapanya, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh adik-adik Saka Wira Kartika jajaran Kodim 0813 Bojonegoro ini dapat menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama.

“Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Serta kedepanya para generasi muda bisa menjadi agen perubahan, inisiator dan motor penggerak dalam penanganan berbagai macam permasalahan lingkungan,” ucapnya.

Sementara dari pantauan, nampak animo warga masyarakat mengikuti kegiatan bakti sosial seperti donor darah yang dilaksanakan dilokasi perkemahan tersebut cukup tinggi. Tidak hanya anggota TNI dan Saka Wira Kartika, bakti sosial yang bekerjasama dengan PMI Cabang Bojonegoro juga diikuti warga masyarakat sekitar.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu ketersedian stok darah di PMI Bojonegoro untuk masyarakat yang membutuhkan,” pungkas Serda Arif Zuhria.[]

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!