Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Alhamdulillah, Pendaftaran Calon Petugas Haji Diperpanjang

Tuban/lingkaralam.com.Ada kabar gembira untuk warga Kementerian Agama Kabupaten Tuban dan masyarakat pada umumnya, pasalnya pendaftaran Calon Petugas Haji 2023 diperpanjang hingga 20 Januari 2023.

 

Sesuai jadwal, pelaksanaan CAT Petugas Haji dilaksanakan hari ini.

“Sore kemarin kita menerima kabar bahwa pelaksanaan tes CAT Petugas Haji diundur tanggal 25 Januari,” terang Munir saat mendampingi Tim Irjen di ruang kerjanya, Selasa, (17/01/2023).

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, saat dihubungi terpisah menjelaskan ada 25 orang mengikuti kegiatan ini dan telah selesai mengikuti simulasi CAT Petugas Haji kemarin sore.

 

CAT (Computer Assisted Test) merupakan sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

 

Berdasarkan data yang dihimpun dari Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, rincian Formasi Ketua Kloter 10, Pembimbing Ibadah Kloter 6,

Pelayanan Konsumsi 4 dan Pelayanan akomodasi 5 orang, karena diperpanjang mungkin jumlah itu bisa bertambah,” jelasnya.

 

Pria melek IT ini berharap segera ada pembagian kuota untuk Jawa Timur khususnya kabupaten Tuban sehingga segera diketahui berapa petugas yang dibutuhkan.

 

Ketua Tim Itjen, Dian Andriady mengaku mendapatkan kabar tersebut juga sore kemarin ketika berada di Bandara Juanda Surabaya. Walaupun di tunda pihaknya tetap melakukan pengawasan. “Kami bersama tim, Moch. Tatlihin Aljabar dan

Muhammad Agus Firmansyah tetap melaksanakan tugas, mengecek kelengkapan berkas, dan data yang belum nanti bisa disampaikan secara online kepada kami,” tuturnya.

 

Ia berharap ada hikmah atas penambahan alokasi waktu untuk pendaftar ini. “Semoga hasil terbaik nanti di peroleh karena perpanjangan pendaftaran tidak hanya bisa mendaftar secara online tapi bisa secara offline dengan mendatangi Kantor Kemenag setempat,” ujarnya. Tak lupa tim Pengawas Itjen juga melihat lokasi pelaksanaan Tes CAT Petugas Haji di gedung PLHUT Kemenag Tuban.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Ashabul Yamin menambahkan begitu menerima kabar pendaftaran diperpanjang dan pelaksanaan tes CAT di undur tanggal 25 Januari, pihaknya langsung memberikan informasi kepada para peserta tes lewat grup WhatsApp.

 

“Sementara hingga hari ini data yang kami terima dari 30 pendaftar pendaftar 25 orang terverivikasi,” ujarnya.

 

Persyaratan tes pun sudah diinformasikan kepada peserta, diantaranya hp menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.0, aplikasi sudah terinstal di handphone peserta, paket data masih tersedia dan berlaku (panitia Kemenag tidak menyediakan koneksi internet), RAM HP minimal 2 GB dan storage memiliki ruang kosong minimal 1 GB.

 

Selain itu baterai HP tidak bermasalah dan terisi penuh, pastikan aplikasi update operating tidak berjalan dan tidak sedang update aplikasi lain. Pastikan juga tidak ada yang menghubungi nomor telepon yang akan digunakan peserta saat ujian berlangsung (disarankan memakai sim card baru).

 

Kemudian pastikan data yang ada di sistem benar terutama pada jenis layanan yang dipilih misalnya ketua kloter pembimbing ibadah dan PPIH Arab Saudi dan memilih operator seluler yang memiliki signal yang baik dan stabil di tempat tes CAT.[]

 

M DANIAL

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!