Senin, September 16, 2024
spot_img

Infrastruktur Drainase Menjadi Program Prioritas Pemkab Tuban

Lingkaralam.com, Tuban – Sistem drainase memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah banyaknya persoalan seperti mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah dan mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

Mengantisipasi hal itu, Pemkab Tuban menjadikan proyek rehabilitasi dan pembangunan drainase menjadi salah satu program prioritas. Tahun ini saja Pemkab Tuban melalui Dinas Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PUPR PRKP) mengalokasikan anggaran Rp 72 miliar untuk program tersebut.

Aizah Tis Inawati, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR PRKP Tuban mengatakan, bahwa pembangunan dan perbaikan drainase dan trotoar akan terus dilakukan oleh Pemkab Tuban.

“Tahun ini dianggarkan Rp 72 miliar untuk rehabilitasi maupun pembangunan drainase dan trotoar. Sementara APBD tahun 2023 kemarin juga telah dianggarkan Rp 114 miliar mencakuo sekitar 43 titik di berbagai wilayah di Tuban,” kata Aizah.

Implementasi pembangunan dan perbaikan drainase, lanjut ia, hampir menyasar di setiap kecamatan di Kabupaten Tuban.

Aizah berharap peran serta masyarakat agar daya guna dari drainase bisa berjalan sesuai fungsinya.

“Semoga masyarakat juga turut serta menjaga aset bersama ini. Tentunya dengan tidak membuang sampai di area drainase, ” kata dia.

Sementara itu salah satu pelaksana kegiatan proyek pembangunan saluran drainase di Jalan Raya Merakurak paket 3 menyebutkan, bahwa pihaknya akan melakukan semua tahapan pekerjaan sebagaimana kontrak yang telah disepakati.

“Kita sangat faham bagaimana peran dan fungsi drainase bagi sebuah kawasan. Drainase begitu besar manfaatnya untuk meminimalisasi genangan maupun memperpanjang umur infrastruktur di sekitarnya seperti jalan dan infrastruktur di sekitar lainnya,” katanya.

“Maka sebab itu, kita akan berusaha melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan proyek ini. Semoga ke depan, proyek ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” kata pelaksana yang namanya enggan dipublikasikan tersebut, Sabtu (31/8/2024).

Seperti diketahui, proyek pembangunan saluran drainase di Jalan Raya Merakurak paket 3 yang bersumber anggaran dari APBD Tuban 2024, dikerjakan CV. Tri Baskara dengan nilai kontrak Rp 2.5 miliar.

Oleh : M. Zainuddin

 

 

 

 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!