Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Masyarakat Desa Talok Gelar Sedekah Bumi di Sendang 

Bojonegoro, Lingkaralam.com – Sendang Desa Talok kecamatan Kalitidu, Jum’at (14/06/2024) dipenuhi canda tawa warga masyarakat setempat yang duduk bersila di atas gelaran terpal warna biru. Di depan mereka terhampar tumpeng dan jajanan pasar.

Suasana kontras sesaat ini pun ikut mengubah Sendang, sebelum matahari terbit beberapa warga sudah hilir mudik, mulai tahlil di pusara Sendang dengan berdoa. gelaran acara ini merupakan bagian pembuka dari puncak ritual yang dilaksanakan pukul 08.00 pagi,” tutur Kepala Desa Talok H.Samudi kepada lingkaralam.com.

“Puncak acara juga ditutup dengan tahlil bersama. Tahlil pembuka di pimpin mbah Kaslan yang dianggap orang paling tua di sini,” ujar H Samudi.

Dia menjelaskan, warga masyarakat yang mengikuti ritual manganan ini sekaligus jamaah tahlil Dengan begitu, imbuh dia, hajatan sedekah bumi itu benar-benar sangat religius.

“Pada intinya, sedekah bumi itu merupakan ungkapan syukur kepada Allah apa yang sudah dianugerahkan kepada kita selama ini,” kata dia.

” Setelah Berdoa Bersama kemudian Masyarakat beramai-ramai membuka tumpeng untuk di makan bersama-sama.” ujar Kades.

Sementara sejumlah warga, mengaku ritual tahunan ini nuansa sedikit di bawah momen idul fitri. Keyakinan yang diwarisi dari para pendahulunya ini, menurut mereka, harus dijaga dan dipelihara dengan prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan kaidah agama.

“Acara manganan ini sekaligus juga sebagai ruang untuk mendoakan para orang tua yang lebih dulu mendahului kita, Sedekah bumi ini merupakan budaya warisan nenek moyang yang tak bisa ditinggalkan dan harus dilestarikan seperti yang dilaksanakan oleh para leluhur terdahulu,” kata kepala desa.

M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!