Rabu, April 17, 2024
spot_img

RSUD R Ali Manshur Jatirogo Luncurkan Aplikasi Si Dolan, Permudah Layanan Masyarakat

Lingkaralam.com, Tuban – Rumah Sakit Umum Daerah R. Ali Manshur Jatirogo Kabupaten Tuban meluncurkan inovasi baru dalam bidang teknologi informasi guna mempermudah pelayanan kesehatan di RSUD R. Ali Manshur.Kamis (25/01/2024).

Inovasi terbaru tersebut adalah dengan sistem pendaftaran online Si Dolan Mas, Sistem Informasi Pendaftaran Online RSUD Ali Manshur untuk Masyarakat. Inivasinini dalam upaya mempermudah dan mempersingkat waktu pasien yang ingin berobat di RSUD R. Ali Manshur Kabupaten Tuban.

Direktur RSUD R. Ali Manshur, drg. Roikan, M.H., menyampaikan, bahwa peluncuran inovasi baru Si Dolan Mas kepada masyarakat menjadi komitmen RSUD R. Ali Manshur untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Manfaat dengan adanya Si Dolan Mas ini adalah masyarakat tidak perlu lagi mengantri di loket pendaftaran, karena sudah melakukan registrasi secara online. Pasien yang telah melakukan registrasi melalui Si Dolan Mas dapat langsung menuju klinik yang dituju tanpa harus mengantri ulang di loket,” katanya.

Si Dolan Mas, menurut drg. Roikan dapat dimanfaatkan oleh semua pasien, apakah itu pasien baru maupun pasien lama. Untuk pasien baru, nantinya akan ada menu khusus pasien baru.

“Pada menu pasien baru, pengguna diarahkan untuk mengisi nama, alamat, nomor telpon, NIK, rencana tanggal kunjungan, dan klinik yang dituju. Kemudian pasien akan mendapatkan kode booking untuk ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan kunjungan sesuai tanggal yang ditentukan. Setelah melakukan konfirmasi kode booking pasien dapat langsung menuju klinik tujuan,” kata drg. Roikan

Disebutkannya, sementara yang pasien lama dapat memanfaat Si Dolan Mas dengan cara yang lebih mudah. Pasien diharuskan melakukan aktivasi akun Si Dolan Mas terlebih dahulu yakni berupa Nomor Rekam Medis dan NIK yang akan digunakan untk login di web aplikasi Si Dolan Mas. Pada saat aktivasi telah dilakukan maka pasien dapat login dan akan terdapat riwayat pemeriksaan yang pernah di lakukan di RSUD R. Ali Manshur.

“Kemudian pasien dapat mengisi formulir yang seperti Tanggal Kunjungan, klinik yang dituju, dan jenis pembayaran. Booking dapat dilakukan jauh-jauh hari dan tidak ada batas maksimal pendaftaran.

“Konfirmasi kehadiran dapat dilakukan H-1 sebelum tanggal kunjungan melalui menu “Check In”. Pasien akan mendapatkan bukti pendafatran, kemudian pada saat tanggal kunjungan ke RS pasien hanya perlu menunjukkan bukti pendaftaran ke petugas dan dapat langsung menuju klinik yang dituju tanpa harus mengantri kembali,” katanya

Staf di RSUD R. Ali Manshur juga sangat aktif untuk mempromosikan inovasi ini kepada pengunjung di RSUD R. Ali Manshur. Setiap harinya apabila pasien atau keluarga hendak melakukan aktivasi dan meminta tutorial pendaftran dapat menuju Pojok JKN.

“Pojok JKN disediakan untuk menyelesaikan kendala pasien selama di RSUD R. Ali Manshur termasuk untuk melakukan pendaftaran online. Petugas Pojok JKN akan standby selama jam kerja di depan loket pendaftaran RSUD R. Ali Manshur,” kata drg. Roikan.

“Manfaat registrasi online yang dirasakan dari segi efektifitas waktu sangat besar. Dapat dibayangkan setiap hari ada ratusan pasien yang mengantri di loket pendaftaran. Dengan menggunakan aplikasi Si Dolan Mas,” katanya.

“Hal tersebut dapat diselesaikan tidak sampai 5 menit sudah clear. Diharapakan melalui peluncuran aplikasi Si Dolan Mas dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan mengurai kepadan antrian di loket pendaftaran,” kata drg. Roikan.

Oleh : M. Zainuddin.

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!