Jumat, April 19, 2024
spot_img

TNI-Polri di Kapas Bojonegoro tingkatkan Kapasitas Linmas Desa Plesungan

BOJONEGORO, – Untuk meningkatkan kemampuan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), Babinsa Koramil 02/Kapas Kodim 0813 Bojonegoro Sertu Miftahul Huda, bersama Aiptu Marjuki, memberikan pelatihan dan pemantapan 12 (dua belas) gerakan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) terhadap anggota Linmas Desa Plesungan, Selasa (01/08/2023).

Kegiatan yang berlangsung di “Taman Hati” Desa Plesungan Kecamatan Kapas ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas anggota Linmas desa, terkait dengan fungsinya sebagai pertahanan negara, disamping fungsi Linmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Sertu Miftahul Huda, berharap, anggota Linmas bisa membantu keamanan, ketertiban, ketentraman masyarakat dan pertahanan diwilayah. Selain itu, anggota Linmas Desa atau yang dulu disebut Pertahanan Sipil (Hansip), juga diharapkan bisa membantu kegiatan sosial kemasyarakatan seperti melaksanakan penanggulangan dan penanganan pengungsi, serta membantu aparat pemerintah dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

“Kehadiran anggota Linmas di masyarakat dalam melaksanakan tugas diwilayah, akan menjadi lebih ringan jika selalu bersinergi dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan perangkat desa,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa pembekalan materi kedisiplinan dan penguatan semangat bela negara tersebut perlu dilakukan, karena Linmas adalah bagian dari unsur komponen pertahanan semesta yang harus selalu siap dalam mempertahankan negara.

“Sehingga, secara berkala pelatihan atau pembekalan penguatan kedisiplinan dan bela negara ini terus dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota Linmas desa,” kata Sertu Miftahul Huda.

Kepala Desa Plesungan, H. Moch. Choiri, menyampaikan, Desa Plesungan mempunyai 2 (dua) peleton Linmas yang terdiri dari 1 peleton Limnas laki-laki dan 1 peleton Linmas Perempuan. Setiap tahun, pihaknya mengupayakan untuk menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas berupa pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan SDM anggota Linmas.

Kades Plesungan berharap, dengan adanya kegiatan tersebut anggota Linmas bisa memahami tugasnya dalam membantu pemerintah desa, menjaga keamananan ketertiban masyarakat dan fungsi lain dalam peran perlindungan masyarakat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sudah membekali anggota Linmas Desa Plesungan. Semoga pelatihan ini bermanfaat, menambah kemampuan anggota Linmas sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peranya,” harap H. Moch. Choiri.

Oleh: M Danial

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!