Jumat, April 12, 2024
spot_img

Dandim 0813 Bojonegoro hadiri Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepemudaan

BOJONEGORO, – Komandan Kodim (Dandim) 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, turut menghadiri acara pembukaan Pembinaan Kapasitas Kepemudaan yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro di Gedung Ahmad Yani Markas Kodim 0813 Bojonegoro, Selasa (25/7/2023).

Turut hadir dalam acara yang mengusung tema ‘Pemuda Tangguh Berkarakter’ ini diantaranya Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid, S.Sos., MS.i., Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Kav Sony Ranu Utama, Pasi Ops Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Heri Sukiyanto, anggota Paskibraka dan anggota Purna Paskibraka Bojonegoro, serta para pembimbing Paskibraka Bojonegoro.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid, S.Sos., MS.i., dalam sambutanya menyampaikan bahwa dasar dilaksanakanya program peningkatan kapasitas kepemudaan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas para generasi muda-mudi di Kabupaten Bojonegoro sebagai peningkatan sumber daya manusia.

“Sumber daya manusia ini harus selalu dibangun, sehingga kedepan nantinya SDM di Kabupaten Bojonegoro dapat meningkat, berkarakter, berintegritas, jujur religius dan demokratis,” ungkapnya.

Selaku pemateri dalam acara ini Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, memaparkan bahwa pemuda tangguh berkarakter adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia. Pembangunan kepemudaan dilakukan dengan tujuan agar para pemuda beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, demokratis dan bertanggungjawab, sehat, cerdas, inovatif, dan mandiri, memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan bertanggung jawab, serta berkebangsaan dan memiliki daya saing.

Masih menurut Dandim, para pemuda penerus bangsa ini memiliki potensi-potensi yang diantaranya yakni pemuda sebagai agen perubahan, sosial kontrol dan kekuatan moral. Kemudian para pemuda menjadi pemimpin masa kini dan masa akan datang, pelaku wirausaha, pelopor dan teladan. “Para pemuda juga sebagai pewaris kepemimpinan bangsa, pelaku bela negara dengan memiliki idealisme, energik dan harapan,” kata Letkol Arm Arif Yudo Purwanto.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yang telah memberikan fasilitas kepada masyarakat luas terutama akses jalan, sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat Bojonegoro. Selain itu, Pemkab Bojonegoro juga sudah menyiapkan beasiswa untuk adik adik pelajar dengan programya yaitu 1 desa 2 sarjana.

Pihaknya berharap dengan adanya peran aktif para pemuda Bojonegoro di era globalisasi saat ini yaitu dengan kekuatan moral, menumbuhkembangkan estetika berkekuatan moral dalam bertindak di kehidupan sehari-hari. “Selain itu agar kita memperkuat iman dan taqwa serta ketahanan mental dan spiritual. Pemuda sebagai kontrol sosial yaitu dengan memperkuat wawasan kebangsaan dan membangkitkan kesadaran akan tanggungjawab,” tambah Dandim.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, merasa sangat bangga kepada adik-adik anggota Paskibraka dan purna Paskibraka Bojonegoro yang sudah mewakili dari tiap-tiap sekolah. Hal tersebut, tentunya juga merupakan suatu kebanggaan bagi seorang pelajar. Pemuda harus mempunyai semangat kebangsaan diantaranya cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

“Adik-adik pemuda harus mempunyai karakter perilaku yang dilandasi oleh nilai-nilai berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi serta adat istiadat dan estetika,” tuturnya.

Menurut Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, di era globalisasi sekarang ini, bagaimana para pemuda harus mempunyai potensi peluang dan mengetahui peluang dan ruang dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai seorang pemimpin, apalagi generasi muda harus memiliki kedisiplinan yang tinggi, disiplin yang kuat agar dapat menjalankan setiap kegiatan dengan baik.

“Selain itu, pemuda harus memiliki integritas dan kejujuran dalam setiap menjalani kehidupan. Sehingga, setiap langkah yang kita jalani dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!