Jumat, April 19, 2024
spot_img

Calon Pengantin KUA Semanding Semangat Ikuti Bimbingan Perkawinan

Lingkaralam.com,Tuban Kementerian Agama melalui Seksi Bimas Islam yang di breakdown oleh Kantor Urusan Agama (KUA) terus menggaungkan program Tuban Bangga, kali ini dengan giat Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin oleh KUA Semanding, di aula setempat, Selasa (20/6/2023).

Haris Rihandoko menjelaskan, bimbingan perkawinan kali ini angkatan ke-53 dan 54. “Masing-masing angkatan diikuti oleh 30 pasang calon pengantin, alhamdulilah semuanya hadir dan semangat mengikuti dari awal sampai akhir, semua yang disampaikan oleh narasumber dan Penyuluh.

Pria bersuara seperti Ebiet G Ade ini juga menjelaskan selain penjelasan dari Kasi Bimas Islam, Fasilitator, Penyuluh Agama Islam KUA Semanding, Anwar dan Kholidah juga ada narasumber dari Puskesmas dan PLKB. “Tak lupa kami sampaikan kepada seluruh narasumber dan panitia (Samin Ashari),” ujarnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan beberapa konsep bahagia dalam rumah tangga. “Pertama hidupkan suasana rumah tangga dengan hiasan agama, bisa dengan sholat jamaah, jalin komunikasi yang baik, mengatasi persoalan dengan musyawarah dan memahami kelebihan dan kekurangan pasangan,” jelasnya.

Salah satu fasilitator, Laidia Maryati menjelaskan tentang persiapan perkawinan menuju keluarga sakinah dan empat pilar perkawinan.
“Empat pilar perkawinan tersebut adalah berpasangan (zawaj), janji kokoh (mitsaqon gholidzon), memperlakukan pasangan dengan baik dan bermartabat (mu’asyarah bil ma’ruf) dan musyawarah, menjadi dasar kokohnya sebuah rumah tangga,” ujar wanita yang juga Pranata Humas Kemenag Tuban ini.

Salah satu pasangan, Arif dan Ike dari Tunah mengaku senang dengan acara ini. “Alhamdulillah kami diberikan ijin oleh pimpinan tempat kami bekerja dan akhirnya mendapatkan bekal yang sangat bermanfaat untuk modal membangun keluarga sakinah,” ujarnya.

Oleh: M Zainuddin

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!