Selasa, September 17, 2024
spot_img

Siap Sukseskan Pilkada Serentak, Kodim Bojonegoro Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan dan Latihan Sispamwil

Bojonegoro, Lingkaralam.com – Sebagai kesiapan menyambut pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 mendatang, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan dan Simulasi Latihan Sistem Pengamanan Wilayah (Sispamwil) dilapangan Markas Kodim setempat, Jum’at (16/08/2024).

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan personel pengamanan beserta materiil dalam menjaga keamanan selama proses demokrasi berlangsung di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menegaskan, pentingnya untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang, selama dan sesudah pelaksanaan Pilkada Serentak. “Kita akan segera melaksanakan pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bojonegoro pada bulan Nopember mendatang. Saat ini, tahapan pendataan calon pemilih sudah berjalan, dan kami membutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

Disampaikan juga bahwa Pilkada Serentak menjadi momen penting dalam kehidupan demokrasi lokal, hal itu membawa tantangan tersendiri dalam menjaga stabilitas keamanan. Sehingga, tanggung jawab menjaga keamanan tidak hanya terletak pada aparat keamanan, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

“Hal ini untuk memastikan kondusifitas keamanan. Kita tidak hanya mengamankan proses demokrasi, tetapi juga memastikan setiap warga bisa menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman,” tambah Dandim.

Ditegaskan juga, Apel gelar pasukan tersebut menjadi momentum untuk meneguhkan komitmen bahwa Kodim 0813 Bojonegoro siap mendukung kelancaran Pilkada Serentak tahun 2024. “Kita siapkan 1 SSK di Makodim, personel ini siaga dan siap bergerak setiap saat. Sedangkan personel yang lain dari Koramil jajaran juga melaksanakan pengamanan secara tersebar diwilayah masing-masing,” ungkap Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Ditambahkan, dalam melaksanakan tugas pengamanan, para personel TNI sudah diberikan arahan dan instruksi khusus untuk bertindak secara profesional serta tetap menjaga netralitas TNI. Harapanya, dengan semangat kewilayahan dan gotong-royong bersama seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kondusifitas wilayah yang lebih sejuk, aman dan nyaman hingga proses Pilkada serentak berakhir.

“Sinergitas yang solid antara aparat keamanan dan masyarakat, akan menjadi pondasi kuat kesuksesan Pilkada Serentak tahun 2024 diwilayah Kabupaten Bojonegoro,” pungkas Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM.

Reporter: Sumantri

 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!