Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Asyiknya Sedekah Bumi di Desa Kesonggo,Bojonegoro

Bojonegoro,Lingkaralam.com– Jika lazimnya hajatan syukuran desa bertajuk sedekah bumi di meriahka kaum lelaki dan perempuan, demikian dengan berbagai hiburan, yang dilakukan di rumah Kepala Desa. penuhi canda tawa para perempuan yang duduk bersila dan menghindari sengatan matahari. Sabtu (25/05/2024).

Para lover yang mengikuti ritual manganan ini, istilah lain sedekah bumi adalah warga Desa Kesonggo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, Yang menarik, semuanya bepakaian serba baru dan tampil ayu. Tak beda dengan lebaran Idul Fitri.

Suasana kontras sesaat ini pun ikut mengubah rumah kepala desa, Sejak sebelum matahari terbit beberapa warga sudah hilir mudik. nonton hiburan pagelaran wayang kulit dilaksanakan Jumat (24/05/2024).Gelaran acara ini merupakan bagian pembuka dari puncak ritual.

“Puncak acara juga ditutup kirab budaya, kenduri akbar dan diakhiri dengan lageng tayub.” ujar Agus,Yasin dan Hari saat ditemui pewarta lingkaralam.com

“Pada intinya, sedekah bumi itu merupakan ungkapan syukur kepada Allah apa yang sudah dianugerahkan kepada kita selama ini,” kata Agus.

Sementara sejumlah perempuan, mengaku ritual tahunan ini nuansa sedikit di bawah momen idul fitri. Keyakinan yang diwarisi dari para pendahulunya ini, menurut mereka, harus dijaga dan dipelihara dengan prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan kaidah agama.

“Acara manganan ini sekaligus juga sebagai ruang untuk mendoakan para orang tua yang lebih dulu mendahului kita,” kata Heri.

M Zainuddin 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!