Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Babinsa Kodim Bojonegoro bekali Pengurus OSIS SMPN 6 dengan Wasbang dan Bela Negara

Lingkaralam.com, Bojonegoro-Jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-01/Bojonegoro, memberikan pembinaan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 35 orang siswa dan Siswi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Bojonegoro dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di Aula sekolah setempat, Rabu (22/11/2023).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danramil 0813-01/Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, merupakan kegiatan program yang harus dilaksanakan secara periodik dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan memupuk rasa cinta tanah air bagi generasi penerus bangsa khususnya kalangan pelajar.

Dalam kesempatan itu, Danramil 0813-01/Bojonegoro, Kapten Inf Surahmat, mengajak adik adik untuk melakukan beberapa hal penting diantaranya membiasakan hidup disiplin, memanfaatkan kesempatan belajar dengan sebaik-baiknya. Harapanya dapat menjadi generasi yang cerdas, serta memperkaya wawasan termasuk wawasan kebangsaan.

Dalam kegiatan itu, juga diberikan beberapa materi Azas-azas Kepemimpinan yang diantaranya adalah Taqwa, Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani dan Waspada Purba Wasesa. Dia berharap, setidaknya sebagai pengurus OSIS mengerti azas-azas dalam memimpin.

“Sebagai pelajar dan bagian dari generasi muda bangsa Indonesia, adik-adik harus memiliki kualitas, karakter dan kemampuan yang kompetitif di masa depan nanti. Kalau adik-adik sekarang ini pelajar SMP, pastinya 15-20 tahun kedepan sudah menjadi kompetitor dunia kerja, dunia politik, wiraswasta dan lain-lainnya. Sehingga, pada saat itu adalah masa keemasan generasi seusia adik-adik ini,” kata Kapten Inf Surahmat.

Sementara dalam materi Wasbang, Bati Wanwil Koramil 0813-01/Bojonegoro, Pelda Sudirman, memberikan materi inti diantaranya 4 (empat) Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Disampaikan juga materi pengertian proxy war atau perang proxy, faham radikal, bahaya laten komunis serta bahaya penggunaan narkoba dan pergaulan bebas.

“Pembinaan wawasan kebangsaan ini tentunya untuk membekali adik-adik pelajar terkait Konsensus Dasar Kebangsaan yang harus senantiasa kita jaga demi kejayaan NKRI, dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” terangnya.

Kepala SMP Negeri 6 Bojonegoro, Drs. Sarwo Edi, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada bapak Danramil 0813-01/Bojonegoro beserta para Babinsa jajaranya yang sudah turun langsung memberikan materi wawasan kebangsaan kepada para peserta didik khususnya pengurus OSIS SMP Negeri 6 Bojonegoro.

Mereka, menurut Kepala SMP Negeri 6 Bojonegoro adalah siswa dan siswi terpilih yang sudah diseleksi untuk jadi pengurus OSIS SMP Negeri 6 Bojonegoro. Sementara, di SMP Negeri 6 Bojonegoro ini terdapat 13 extrakurikuler, dan saat ini juga terdapat siswa-siswi yang berprestasi bahkan sampai tingkat nasional, dan sedang menjalani Pelatda di Surabaya.

“Sehingga dengan adanya kegiatan penguatan bela negara yang berupa materi wawasan kebangsaan dan pelatihan baris-berbaris dasar ini tentunya sangat penting sekali dan bermanfaat untuk menambah wawasan serta berbela negara. Karena dengan kegiatan seperti ini, pelajar sebagai bagian dari generasi bangsa akan memiliki pemahaman dan pengetahuan berkaitan Konsensus Dasar Kebangsaan serta hakekat ancaman yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,” pungkas Drs. Sarwo Edi.

Oleh: Humas Kodem 0813-01/Bojonegoro,

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!