Jumat, April 19, 2024
spot_img

Kodim Bojonegoro Adakan Pembinaan Dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI

BOJONEGORO, – Pembinaan Teritorial (Binter) yang diselenggarakan saat ini, perlu disinkronisasikan secara sinergis antara program TNI Angkatan Darat dengan pemerintah, Kementerian/LPNK, instansi terkait dan komponen bangsa lainya. Karena TNI Angkatan Darat maupun komponen bangsa lainya itu, memiliki kewajiban sama untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Arm Arif Yudo Purwanto, dalam sambutannya yang diwakili Pasiter Kapten Inf Surahmat, saat membuka kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Keluarga Besar TNI (KBT) hari ini Jum’at (28/7/2023) di Gedung Ahmad Yani Markas Kodim 0813 Bojonegoro.

Adapun tujuan dilaksanakanya kegiatan yang mengusung tema ‘Wujudkan SDM Keluarga Besar TNI yang Berkualitas untuk Mendukung Kemajuan Bangsa’ yaitu mewujudkan hubungan yang harmonis antara prajurit Kodim 0813 Bojonegoro dengan segenap KBT yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Kegiatan ini juga sebagai wadah dalam meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara serta menimbulkan sikap kepemimpinan bagi seluruh KBT yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro,” kata Dandim dalam sambutanya.

Hal itu juga selaras dengan tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu untuk membentuk kader-kader pemimpin dari KBT yang memiliki jiwa Pancasilais dan Nasionalis terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta meningkatnya pemahaman dalam mempertahankan dan membantu kemajuan perekonomian bangsa.

Disampaikan juga oleh Dandim, bahwa Keluarga Besar TNI, merupakan bagian organisasi kemasyarakatan yang diharapkan terus mengedepankan jiwa nasionalisme untuk ikut ambil bagian dalam mengisi pembangunan, menjadi agen agen dalam mengelorakan pesatuan dan kesatuan bangsa yang berwawasan kebangsaan.

Oleh karena itu, Keluarga Besar TNI khususnya diwilayah Kodim 0813 Bojonegoro diharapkan dapat terus memperkokoh soliditas guna mengantisipasi permasalahan bangsa. Dan melalui kegiatan ini, juga diharapkan akan terus terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara para prajurit TNI dengan KBT.

“KBT harus terus berkonstribusi positif bersama komponen lainnya dalam upaya memperkokoh, menjaga ke-Bhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam mendukung suksesnya pembangunan wilayahnya,” pungkas Letkol Arm Arif Yudo Purwanto dalam sambutanya.

Setelah dibuka, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi diantaranya materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan oleh Kapten Arh Eeng Mamuro, bertajuk ‘Pentingnya Wasbang dan Bela Negara di Era Digital’. Hadir dalam kegiatan ini para Perwira Staf Kodim 0813 Bojonegoro, Danramil jajaran, Bati Staf Kodim, Ketua FKPPI Bojonegoro, Imam Hidayat, Ketua PPM Bojonegoro, Siswoyo dan Sekretaris HIPAKAD, H. Gathut.

Oleh: M Danial 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!