Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

Proyek BKKD di Desa Karangmangu Bojonegoro “Lambat”

Lingkaralam.com, Bojonegoro – Proyek pembangunan jalan desa dengan spesifikasi konstruksi aspal di Desa Karangmangu, Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro,progres prkerjaanya baru tahap pengurukan,Selasa (02/05/2023).

Selain tidak adanya papan nama sebagai bentuk tanggung jawab transparansi kepada masyarakat, proyek tersebut juga tidak disertai rambu jalan sebagai peringatan jika jalan sedang diperbaiki.

Semenjak pelaksanaan proyek Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) dengan anggaran Rp 1,5 miliar tersebut,Proges pekerjakan baru dilaksanakan tahap pengurukan,warga menyangkan ketika dihuruk tidak di padatkan.

Dia menambahkan, pekerjaan proyek tersebut sangat lamban. Tentunya ini merugikan warga sebagai pengguna jalan,”Kalau pengerjaannya lambat seperti ini, tentunya yang dirugikan adalah warga yang setiap hari melintasi jalan ini. Apalagi musim hujan seperti ini pastinya licin, kalau jatuh akan berakibat fatal. Apalagi kalau malam, karena kurang ada penerangan jalan,” kata dia.

Menurutnya, upaya pemerintah desa mebangun jalan ini sebenarnya sudah baik, tapi harusnya saluran irigasinya yang harusnya dibangun terlebih dulu.”Pembangunan jalan ini akan lebih baik jika sebelumnya jalan ini mempunya saluran irigasi seperti U-ditch. Jadi bisa menopang beban konstruksi jalan ini. Kalau belum ada saluranya, dikuatirkan akan muncul permasalahan yang berdampak pada umur konstruksi jalan atau kerusakan jalan.

Seperti diketahui, drainase mempunyai fungsi untuk menurunkan permukaan air tanah. Hal ini biasanya diterapkan di daerah-daerah yang rawan banjir sehingga apabila terjadi hujan deras maka daerah tersebut tidak langsung dipenuhi air. Manfaat yang sama juga diterapkan pada area yang sedang dalam proyek pembangunan.

Tidak hanya itu, pada lingkungan yang masih labil, keberadaan air yang terlalu banyak dapat pula menyebabkan erosi dan banjir yang berpotensi merusak jalan. Dengan dibangunnya sistem drainase, kejadian-kejadian buruk tersebut pastinya bisa dihindari.

Sementara itu,Kepala Desa (Paji) mengatakan kami akan segera komplin kepada pemenang lelang,agar pekerjaan segera dilaksanakan,”Ketika di temui pewarta lingkaralam.com dirumahnya hari selasa siang.

Pihak pemenang lelang ketika dikonfirmasi pewarta lingkaralam.com lewar via sms whatapp sementara belum ada tangapan (Red)

 

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!