Rabu, April 17, 2024
spot_img

KUA Tuban Intensifkan Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin

Lingkaralam.com, Tuban – Kantor Urusan Agama (KAU) Kecamatan Tuban intensif menggelar Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin. Bimbingan ini bertujuan agar calon pengantin memiliki kesiapan fisik dan mental dalam membangun dan membina keluarga.

Kali ini, Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin yang merupakan spesifikasi Seksi Bimas Islam Kemenag Tuban,digelar di Aula KAU Kecamatan Tuban, Bimbingan dilakukan hari Jumat dan Sabtu kemarin.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan, Kemenag Tuban terus berupaya menyiapkan calon pengantin agar memiliki kesiapan fisik dan mental dalam membangun dan membina keluarga.

“Tujuan kita menyiapkan para calon pengantin agar memiliki kesiapan fisik maupun mental dalam mengarungi bahtera berkeluarga. Ihwal akomodasi,semua ditanggung panitia dan peserta akan mendapatkan sertifikat,” katanya, Senin (20/03/2023).

Menurut Mashari, kegiatan ini merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya angka perceraian yang terjadi. “Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh, karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga,” imbuhnya.

Moh. Rifqi, Kepala KUA Kota Tuban mengatakan puluhan calon pengantin tersebut adalah yang akan melaksanakan pernikahan dalam waktu dekat. “Bahkan ada yang beberapa baru mendaftarkan diri dan langsung kita ikutkan bimbingan, kalau nunggu lain hari belum tentu bisa,” ujarnya.

Salah satu panitia, Moh. Afif menjelaskan ada beberapa materi yang disampaikan fasilitator pada kegiatan ini diantaranya Mengelola Psychology dan Dinamika Keluarga oleh Moh. Qosim, Memenuhi Kebutuhan dan Mengelola Keuangan Keluarga oleh Lailatur Rosyidah, Mempersiapkan Keluarga Sakinah oleh Laidia Maryati, Menjaga Kesehatan Reproduksi oleh Umi Sudarwati, tenaga kesehatan dari Puskesmas Tuban dan Mempersiapkan Keluarga Berkualitas oleh Nunuk Hindrawaty dari BKKBN setempat.

Sementara itu, Laidia Maryati, salah seorang fasilitator menyatakan pendapatnya tentang Persiapan Keluarga Sakinah.

“Ada lima aspek ketahanan keluarga, yaitu memiliki kemandirian nilai, kemandirian ekonomi, tahan menghadapi goncangan keluarga, keuletan dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial dan mampu menyelesaikan problematika yang dihadapi,” katanya.

Wanita yang juga sebagai Pranata Humas Kemenag Tuban ini menuturkan, Keluarga Sakinah adalah keluarga yang telah memenuhi seluruh kebutuhan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah secara sempurna, kebutuhan sosial psikologis, dan pengembangannya serta dapat menjadi suri teladan bagi lingkungannya.

“Suami atau istri adalah rekan dalam mengambil keputusan, maka, keduanya harus menjaga emosi yang berlebihan, berhati-hati dengan kata-kata yang digunakan, dan senantiasa menunjukkan kasih sayang,” katanya.

Oleh Moch. Zainuddin.

Baca juga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Terkini

error: Konten diproteksi!